Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Anastasia Amanda Membuka Sifat Mario Dandy Anak Pejabat yang Lakukan Penganiayaan

×

Anastasia Amanda Membuka Sifat Mario Dandy Anak Pejabat yang Lakukan Penganiayaan

Sebarkan artikel ini
Mario Dandy
Anastasia Amanda Membuka Sifat Mario Dandy Anak Pejabat yang Lakukan Penganiayaan - foto dok Republika

Sebuah sidang kasus penganiayaan terhadap Cristalino David Ozora (17) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah mengungkapkan pengakuan mengejutkan dari Anastasia Pretya Amanda (19), mantan pacar dari tersangka Mario Dandy Satriyo (20). Dalam persidangan tersebut, Amanda secara terbuka menyebutkan sifat temperamen Mario Dandy.

Amanda, yang tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa pagi, didampingi oleh keluarganya dan pengacara, Enita Edyalaksmita. Ia terlihat menggunakan kursi roda dan terkadang menggunakan tabung oksigen kecil. Kehadirannya dalam persidangan ini menjadi sorotan publik.

Dalam kesaksiannya, Amanda membicarakan pertemuan dengan Mario Dandy di wilayah Kemang, Jakarta Selatan, pada 30 Januari 2023. Mereka berdua ngobrol dan membahas tentang AG, mantan pacar Mario Dandy saat terjadinya penganiayaan terhadap David. Amanda menyatakan bahwa Mario Dandy adalah orang yang temperamen dan mudah marah.

“Awalnya ngobrol-ngobrol biasa saja. Lalu, Mario menyinggung tentang AG, menanyakan tentang apa saja yang saya tahu tentang AG. Karena mungkin dia punya pikiran adik saya itu satu lingkungan dengan AG,” ucap Amanda dikutip dari detikcom.

Selain itu, Amanda juga mengungkapkan bahwa David pernah curhat tentang ancaman dari Mario Dandy. Hal ini memberikan informasi tambahan kepada jaksa mengenai kejadian yang terjadi sebelum penganiayaan terhadap David.

Namun, Mario Dandy membantah kesaksian Amanda mengenai isi obrolan mereka yang membahas AG. Ia juga menyangkal bahwa dirinya memiliki sifat temperamen.

Sidang tersebut juga memaparkan bahwa AG, mantan pacar Mario Dandy, telah divonis bersalah dalam kasus penganiayaan David dan dijatuhi hukuman penjara selama 3,5 tahun. AG pergi bersama David pada 17 Januari 2023, seperti yang disebutkan dalam dakwaan terhadap Mario Dandy.

Sidang berlanjut untuk memperoleh lebih banyak bukti dan kesaksian terkait kasus ini. Pengakuan Anastasia Amanda mengenai sifat temperamen Mario Dandy menjadi sorotan penting dalam persidangan ini.

Kasus penganiayaan yang melibatkan Anastasia Amanda, Mario Dandy, Cristalino David Ozora, dan AG menjadi perhatian publik. Sidang ini diharapkan dapat mengungkapkan fakta-fakta yang lebih jelas dan memastikan keadilan bagi semua pihak yang terlibat.

Kasus penganiayaan yang melibatkan Mario Dandy dan David telah memunculkan kekhawatiran yang mendalam terkait perlindungan saksi. Dalam persidangan terbaru di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, mantan pacar tersangka, Anastasia Pretya Amanda, memberikan kesaksiannya yang mengungkap sifat temperamen Mario Dandy. Namun, yang membuat perhatian khusus adalah kondisi Amanda setelah bersaksi, di mana ia mengalami keadaan kesehatan yang memburuk. Kejadian ini mendorong pentingnya menjaga keamanan dan kesejahteraan saksi dalam sistem peradilan.

Amanda, yang tiba di pengadilan didampingi oleh keluarganya dan pengacara pada Selasa pagi, terlihat dalam kondisi yang rapuh. Ia menggunakan kursi roda dan terkadang membutuhkan tabung oksigen kecil. Kehadirannya dalam persidangan menjadi sorotan publik dan menggarisbawahi pentingnya memberikan perlindungan yang memadai bagi saksi yang terlibat dalam kasus-kasus yang sensitif dan berpotensi berbahaya.

Perlindungan identitas saksi merupakan salah satu langkah kunci untuk menjaga keamanan mereka. Dalam hal ini, identitas Amanda seharusnya dirahasiakan dalam proses peradilan dan dokumen-dokumen terkait. Penggunaan kode atau inisial saat merujuk pada saksi dalam berkas peradilan akan memastikan bahwa identitasnya tidak terungkap.

Selain itu, penting juga untuk membatasi akses terhadap informasi sensitif tentang saksi. Hanya pihak yang berkepentingan dan terkait yang boleh memiliki akses terhadap detail pribadi atau lokasi saksi. Hal ini bertujuan untuk mencegah potensi ancaman atau penindasan yang mungkin ditujukan kepada mereka.

Ketika saksi menghadapi risiko yang tinggi, langkah-langkah perlindungan fisik harus dilakukan. Ini bisa berupa pengawalan polisi atau pengamanan terhadap lokasi-tempat tinggal saksi. Dalam kasus Amanda, kondisinya yang rapuh membutuhkan perhatian khusus untuk memastikan keamanannya.

Larangan terhadap intimidasi terhadap saksi juga harus ditegakkan dengan tegas. Pihak terdakwa, keluarga terdakwa, atau pihak terkait lainnya tidak boleh melakukan intimidasi atau ancaman terhadap saksi. Langkah hukum harus segera diambil jika larangan ini dilanggar.

Bantuan hukum yang memadai juga merupakan hak yang harus diberikan kepada saksi. Mereka harus memiliki akses terhadap pengacara yang dapat memberikan nasihat dan perlindungan hukum sepanjang proses peradilan. Pengacara akan membantu saksi memahami hak-hak mereka dan memastikan bahwa kepentingan mereka diwakili dengan baik.

Kondisi kesehatan Amanda setelah bersaksi memberikan peringatan yang kuat tentang pentingnya memperhatikan kesejahteraan saksi. Dalam situasi seperti ini, pendampingan oleh saksi ahli atau psikolog juga dapat memberikan dukungan emosional dan mental bagi saksi yang terlibat. Mereka akan membantu mengatasi tekanan dan trauma yang mungkin dialami oleh saksi selama persidangan.

Kasus penganiayaan yang melibatkan Mario Dandy, David, dan Amanda telah mencerminkan perlunya perlindungan yang lebih baik bagi saksi dalam sistem peradilan. Kejadian yang menimpa Amanda setelah bersaksi menggarisbawahi perlunya upaya serius untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan mereka. Dengan melindungi identitas saksi, membatasi akses informasi, memberikan perlindungan fisik, menegakkan larangan intimidasi, menyediakan bantuan hukum, serta mendampingi dengan ahli dan psikolog, kita dapat memastikan bahwa saksi-saksi merasa aman dan dapat memberikan kesaksian yang jujur dalam kasus-kasus yang penting untuk keadilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *