Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

8 Oleh-oleh Khas Bengkulu Yang Wajib Kamu Coba Mulai dari Kuliner Hingga Kerajinan!

×

8 Oleh-oleh Khas Bengkulu Yang Wajib Kamu Coba Mulai dari Kuliner Hingga Kerajinan!

Sebarkan artikel ini
Khas Bengkulu
8 Oleh-oleh Khas Bengkulu Yang Wajib Kamu Coba Mulai dari Kuliner Hingga Kerajinan! - foto ist

Bengkulu, salah satu kota di Pulau Sumatera, menawarkan banyak hal menarik bagi para wisatawan. Selain kekayaan budayanya, kota ini juga terkenal dengan oleh-oleh khas Bengkulu yang diminati oleh pengunjung.

Para wisatawan dapat menemukan berbagai macam pilihan oleh-oleh khas Bengkulu, mulai dari kuliner khas hingga kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk lokal.

Jadi, kamu dapat memilih oleh-oleh khas Bengkulu yang sesuai dengan selera mereka sebagai kenang-kenangan dari liburan di kota ini.

Berdasarkan laman resmi diskopukm.bengkuluprov.go.id, terdapat 8 rekomendasi oleh-oleh khas Bengkulu yang dapat menjadi referensi bagi kamu.

  1. Pendap

Salah satu oleh-oleh khas Bengkulu yang cukup populer adalah Pendap. Pendap, juga dikenal sebagai ikan pais, memiliki cita rasa khas yang sangat menggugah selera, terutama karena aromanya yang berasal dari daun talas yang digunakan sebagai pembungkus. Proses pembuatan Pendap mirip dengan pepes ikan, namun perbedaannya terletak pada penggunaan daun talas yang diikat dengan tali rafia sebagai pembungkusnya. Pendap telah menjadi favorit para wisatawan baik dari dalam maupun luar Sumatera.

  1. Kue Tat

Selain itu, salah satu oleh-oleh khas Bengkulu yang lainnya adalah kue Tat, juga dikenal sebagai Bay Tat. Pada masa lampau, kue ini merupakan hidangan istimewa yang disajikan khusus bagi para raja Bengkulu. Kue Tat terbuat dari campuran tepung gandum, telur ayam, mentega, dan gula pasir. Kue ini memiliki rasa yang lembut, manis, dan memiliki tampilan yang menarik.

  1. Kue Perut Punai

Salah satu oleh-oleh khas Bengkulu yang menarik adalah Kue Perut Punai. Kue ini memiliki cita rasa unik dan hadir dalam beberapa varian rasa yang berbeda. Nama kue ini diambil dari burung punai karena bentuknya yang mirip dengan perut burung tersebut. Biasanya, Kue Perut Punai dijual dengan harga sekitar Rp 20.000 hingga Rp 40.000.

  1. Sirup Kalamansi

Selanjutnya, terdapat juga Sirup Kalamansi, minuman khas Bengkulu yang populer di Indonesia. Sirup ini terbuat dari gula pasir dan jeruk kalamansi khas Bengkulu. Selain memiliki rasa yang nikmat, sirup kalamansi juga kaya akan kandungan gizi dan dikatakan dapat membantu memperlancar sirkulasi darah. Harganya berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 50.000 tergantung pada kemasannya.

  1. Bolu Koja

Selain itu, ada juga Bolu Koja, salah satu oleh-oleh khas Bengkulu. Kue bolu ini terbuat dari campuran tepung terigu, sagu, dan agar-agar. Bolu Koja memiliki kemiripan dalam tampilan dan nama dengan bolu kojo yang terkenal di Palembang. Namun, Bolu Koja khas Bengkulu ditambahkan dengan agar-agar putih untuk memberikan rasa yang lebih gurih, sementara bolu kojo tidak menggunakan agar-agar sebagai tambahan bahan

  1. Kopi Bengkulu

Kota Bengkulu diakui sebagai salah satu wilayah di Aceh dan Sumatera yang terkenal sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia dan di dunia. Karena reputasinya tersebut, banyak wisatawan yang tertarik untuk memilih kopi Bengkulu sebagai oleh-oleh. Kopi Bengkulu umumnya dijual dengan kemasan modern yang serupa dengan kemasan kopi pada umumnya. Hal ini memudahkan para wisatawan untuk membawa pulang kopi Bengkulu sebagai kenang-kenangan atau untuk dinikmati di rumah mereka setelah berlibur di Kota Bengkulu.

  1. Batik Besurek

Selain kuliner khasnya, Bengkulu juga terkenal dengan kekayaan kain batiknya yang disebut sebagai Batik Besurek. Batik Besurek ditandai dengan motif kaligrafi yang dipadukan dengan berbagai corak lain seperti bunga raflesia, relung paku, burung kuau, dan rembulan. Oleh-oleh khas Bengkulu berupa Batik Besurek biasanya tersedia dalam bentuk sarung, pakaian, dan bawahan. Kain batik ini menjadi pilihan yang populer bagi wisatawan yang ingin membawa pulang keindahan dan keunikan Batik Besurek sebagai kenang-kenangan dari kunjungan mereka ke Bengkulu.

  1. Kerajinan Kulit Lantung

Selain batik, Kota Bengkulu juga terkenal dengan kerajinan tangan khasnya, salah satunya adalah kerajinan kulit lantung. Kain lantung adalah kain yang dibuat oleh masyarakat Bengkulu dari kulit kayu yang diolah sehingga menyerupai selembar kain. Kerajinan kulit lantung ini memiliki keunikan dan kesan elegan yang khas. Biasanya, kerajinan kulit lantung dihasilkan dalam berbagai bentuk souvenir seperti tas, bingkai foto, topi, dan berbagai hiasan interior lainnya. Produk-produk ini sangat cocok sebagai oleh-oleh khas Bengkulu.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bengkulu, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *