Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Surat Al-Hashr Ayat 22-24 : Keagungan dan Keutamaan Membacanya

×

Surat Al-Hashr Ayat 22-24 : Keagungan dan Keutamaan Membacanya

Sebarkan artikel ini
Surat Al-Hashr
Surat Al-Hashr Ayat 22-24 : Keagungan dan Keutamaan Membacanya

Surat Al-Hashr merupakan salah satu surat dalam Al-Qur’an yang mengandung pelajaran berharga bagi umat Islam. Ayat 22-24 dari surat ini membawa pesan penting tentang keagungan Allah SWT dan keutamaan dalam mengingat-Nya. Mari kita eksplorasi lebih lanjut mengenai isi surat Al-Hashr ayat 22-24 serta kefadholan membacanya.

Ayat 22-24 dari surat Al-Hashr berbunyi sebagai berikut:

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ ۖ هُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيمُ

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ ۖ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ ۚ يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Terjemahan dari ayat ini adalah sebagai berikut:

” Dia-lah Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Dia-lah Ar-Rahman, Ar-Rahim. Dia-lah Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Dia, Raja, Yang Mahasuci, Yang Maha Selamat, Yang Maha Memberi Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Kuat, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Menundukkan, dan Yang Maha Megah. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dia-lah Allah, Pencipta, Pemberi Bentuk, Yang Maha Menyebutkan Asma-Nya yang baik-baik. Bertasbihlah kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.”

Ayat-ayat ini menggambarkan keagungan Allah SWT dan sifat-sifat-Nya yang Maha Mulia. Allah dinyatakan sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak disembah dan bahwa Dia Maha Mengetahui segala yang ghaib dan yang nyata. Selain itu, Allah juga disebutkan dengan sifat-sifat-Nya yang penuh keagungan, seperti Ar-Rahman (Yang Maha Pengasih) dan Ar-Rahim (Yang Maha Penyayang). Dia adalah Raja yang Mahasuci, Maha Selamat, dan Maha Memelihara. Allah juga dikenal sebagai Maha Kuat, Maha Perkasa, dan Maha Menundukkan segala sesuatu. Ayat ini menegaskan keesaan Allah dan mengingatkan kita untuk menjauhkan diri dari menyekutukan-Nya dengan apapun.

Membaca ayat-ayat ini memiliki banyak kefadholan dan manfaat. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mengingat kebesaran Allah: Ayat-ayat ini mengajak kita untuk merefleksikan keagungan dan kekuasaan Allah SWT. Membaca dan merenungkan ayat-ayat ini dapat meningkatkan keimanan dan memperkuat hubungan spiritual kita dengan Allah.

 

  1. Memperoleh keberkahan: Membaca ayat-ayat ini dengan penuh khusyuk dan penghayatan dapat membawa keberkahan dalam hidup kita. Ayat-ayat ini mengingatkan kita akan pentingnya menyembah Allah yang Maha Esa dan menjauhkan diri dari menyekutukan-Nya.

 

  1. Penguatan iman: Ayat-ayat ini mengandung pesan yang kuat tentang keesaan Allah dan sifat-sifat-Nya yang mulia. Membaca dan merenungkan ayat-ayat ini dapat memperkuat iman kita dan menjaga kestabilan dalam keyakinan kita kepada Allah.

 

  1. Menjaga keutamaan dan kesalehan: Membaca ayat-ayat ini mengingatkan kita tentang sifat-sifat Allah yang maha adil dan bijaksana. Hal ini dapat memotivasi kita untuk menjaga keutamaan, kebaikan, dan kesalehan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Maka, sebagai umat Muslim, sangatlah penting untuk membaca dan merenungkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, termasuk ayat-ayat dalam surat Al-Hashr ayat 22-24. Dengan memperdalam pemahaman tentang keagungan dan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut, kita dapat memperkuat ikatan spiritual dengan-Nya, meningkatkan keimanan, dan menjalani hidup dengan penuh kesalehan.

Penting untuk diingat bahwa membaca ayat-ayat Al-Qur’an, termasuk ayat-ayat Al-Hashr, tidak hanya sebatas membaca secara fisik, tetapi juga memahami dan merenungkan maknanya. Sebaiknya kita membaca dengan tajwid yang benar dan mencari pemahaman yang mendalam tentang pesan yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut.

Dalam menghayati dan mengamalkan ayat-ayat ini, kita perlu menyadari bahwa tujuan utama kita adalah mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan kualitas hidup kita sebagai hamba-Nya. Membaca ayat-ayat ini secara teratur dan dengan penghayatan yang mendalam akan membawa manfaat yang nyata dalam hidup kita, baik dari segi spiritual, mental, maupun sosial.

Jadi, mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk membaca dan merenungkan ayat-ayat Al-Hashr (ayat 22-24) dalam Al-Qur’an. Dengan melakukan ini, kita dapat mengalami keajaiban keagungan Allah dan mendapatkan berbagai keutamaan serta manfaat yang telah disebutkan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *