Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Sifat Mustahil Allah SWT

×

Sifat Mustahil Allah SWT

Sebarkan artikel ini
Sifat Mustahil Allah
Sifat Mustahil Allah SWT - foto redaksi

Sifat Mustahil Allah SWT, sebagai pencipta alam semesta dan segala isinya, Allah SWT memiliki sifat-sifat yang luar biasa dan tak terbatas. Namun, dalam ajaran agama Islam, terdapat juga sifat-sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh-Nya, yang dikenal sebagai sifat-sifat mustahil. Memahami sifat-sifat mustahil Allah SWT adalah penting bagi umat Muslim, karena hal ini membantu kita mengenali kebesaran-Nya dengan lebih mendalam dan menjaga keyakinan yang benar tentang-Nya.

Berikut ini adalah 20 sifat mustahil Allah SWT beserta artinya:

  1. Terbatas (Muhaddad): Allah SWT tidak terbatas oleh ruang atau waktu. Dia tidak memiliki dimensi fisik dan tidak terikat oleh batasan fisik seperti manusia.
  2. Serupa dengan Makhluk (Mukhālafatu Lilhawādits): Allah SWT tidak serupa dengan makhluk-Nya. Tidak ada yang bisa menyerupai-Nya dalam sifat, kekuasaan, atau keesaan.
  3. Bergantung (Muhtāj): Allah SWT tidak bergantung pada siapapun atau apapun dalam keberadaan, kekuatan, atau kekuasaan-Nya. Dia Maha Mandiri dan tidak membutuhkan bantuan dari makhluk-Nya.
  4. Berubah (Muḥāwala): Allah SWT adalah Maha Abadi dan tidak mengalami perubahan dalam sifat-sifat-Nya. Dia tetap sama sepanjang masa.
  5. Lupa (Nisyān): Allah SWT memiliki pengetahuan yang sempurna dan tidak pernah lupa. Tidak ada yang tersembunyi dari-Nya dan tidak ada yang bisa menghapus ingatan-Nya.
  6. Tidur (Nidām): Allah SWT tidak pernah tidur. Dia Maha Mengetahui dan Maha Mengawasi seluruh alam semesta tanpa henti.
  7. Buta (ʿAmmā): Allah SWT adalah Maha Melihat dan tidak buta terhadap apapun. Dia melihat segala sesuatu dengan penuh kebijaksanaan dan keadilan.
  8. Bodoh (Jahāla): Allah SWT memiliki pengetahuan yang sempurna tentang segala hal. Tidak ada yang tersembunyi dari-Nya dan Dia Maha Bijaksana.
  9. Terdiri dari Bagian (Murakkab): Allah SWT adalah Maha Esa dan tidak terdiri dari bagian-bagian. Dia adalah Zat yang tunggal dan tak terbagi.
  10. Terlupa (Inkār): Allah SWT tidak pernah terlupa terhadap janji atau keputusan-Nya. Segala sesuatu yang Dia janjikan atau putuskan akan terjadi dengan pasti.
  11. Kelemahan (ʿUnf): Allah SWT tidak memiliki kelemahan atau kekurangan apapun. Dia Maha Sempurna dalam segala hal.
  12. Kehadiran Fisik (Hudūth): Allah SWT tidak hadir secara fisik di dunia ini. Dia Maha Agung dan Maha Kuasa di atas segalanya
  13. Kehadiran dalam Bentuk Manusia (Insān): Allah SWT tidak hadir dalam bentuk manusia atau makhluk lain. Dia tidak bisa direduksi menjadi bentuk atau wujud apapun.
  14. Dipandu atau Diatur (Irādah): Allah SWT tidak dipandu atau diatur oleh makhluk-Nya. Dia Maha Pencipta dan Pemberi Petunjuk.
  15. Beranak atau Dibesarkan (Wilādah): Allah SWT tidak beranak atau dibesarkan. Dia adalah Maha Awal dan Maha Abadi.
  16. Berada di Dalam Sesuatu (Fī): Allah SWT tidak terbatas oleh batasan ruang. Dia Maha Luas dan Maha Dekat kepada makhluk-Nya tanpa terbatas oleh wujud fisik.
  17. Memiliki Warna atau Bentuk (Sūrah): Allah SWT tidak memiliki warna atau bentuk yang bisa kita bayangkan. Dia Maha Agung dan tidak bisa dipahami dengan akal manusia.
  18. Terkendali (Mamlūk): Allah SWT tidak dikendalikan oleh siapapun atau apapun. Dia adalah Pencipta dan Pemilik segalanya.
  19. Terjebak dalam Waktu (Ḥawādits): Allah SWT tidak terikat oleh waktu. Dia Maha Esa yang melampaui batasan waktu.
  20. Dapat Dicapai oleh Indra Manusia (Maʿlūm): Allah SWT tidak dapat dicapai atau dipahami sepenuhnya oleh indra manusia. Dia Maha Tinggi dan Maha Suci.

Memahami sifat-sifat mustahil Allah SWT adalah penting untuk menjaga keimanan yang benar dan untuk menghindari pemahaman yang keliru atau menyimpang tentang-Nya. Dengan mengenali sifat-sifat-Nya yang luar biasa, kita dapat memperdalam hubungan kita dengan Allah SWT dan menghormati-Nya sebagai Tuhan yang Mahakuasa. Semoga artikel ini membantu kita dalam memahami kebesaran-Nya dengan lebih mendalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *