Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Pemandangan Alam Indonesia Diambil Video Promosi Wisata Negara Ini! Bagaimana Menurutmu?

×

Pemandangan Alam Indonesia Diambil Video Promosi Wisata Negara Ini! Bagaimana Menurutmu?

Sebarkan artikel ini
Pemandangan Alam Indonesia
Pemandangan Alam Indonesia Diambil Video Promosi Wisata Negara Ini! Bagaimana Menurutmu? - foto ilustrasi

Pemandangan alam Indonesia sungguh memukau, hingga menjadi daya tarik dalam video promosi pariwisata Filipina. Namun, sayangnya, video tersebut terbongkar telah menggunakan gambar-gambar pemandangan dari negara lain, termasuk salah satunya adalah pemandangan sawah yang sebenarnya berasal dari Indonesia. Agen periklanan DDB Filipina telah meminta maaf atas kesalahan tersebut.

Seperti dikutip dari AFP, Minggu (2/7/2023), agensi di balik video kampanye pariwisata ‘Love The Philippines’ senilai USD 900.000 itu diluncurkan pemerintah pada 27 Juni. Namun setelah video itu muncul, kedapatan menggunakan stock shot dari negara lain, salah satunya pemandangan dari Indonesia.

Setelah penyelidikan, Kementerian Pariwisata Filipina mengumumkan bahwa video promosi pariwisata tersebut mengandung gambar-gambar dari negara lain, termasuk sawah terasering di Indonesia dan bukit pasir di Brasil. Video tersebut telah dihapus dari halaman Facebook resmi Kementerian. Dalam analisis yang dilakukan oleh tim Cek Fakta AFP, terkonfirmasi bahwa video tersebut menampilkan lokasi dari Brasil, Indonesia, Swiss, dan Uni Emirat Arab.

Agen periklanan DDB telah meminta maaf atas penggunaan rekaman stok asing dalam video tersebut. DDB juga menyebut bahwa video itu diproduksi dengan biaya sendiri. Kementerian Pariwisata mengungkapkan bahwa mereka telah berulang kali meminta konfirmasi dari DDB mengenai orisinalitas dan kepemilikan semua materi yang digunakan dalam presentasi audio-visual (AVP) dan visual utama yang disajikan kepada Departemen.

“Dalam semua kesempatan ini, DDB berulang kali meyakinkan DOT bahwa orisinalitas dan kepemilikan semua materi sudah beres,” kata kementerian tersebut.

Beberapa gambar yang digunakan dalam video promosi tersebut ternyata dapat ditemukan di situs web penyedia rekaman stok. Salah satunya adalah cuplikan sawah yang terletak di Ubud, Bali, Indonesia, yang dapat ditemukan di Pond5.

Selain itu, video juga menggunakan gambar udara dari bukit pasir yang sama yang digunakan dalam iklan Filipina, tetapi lokasinya sebenarnya berada di Cumbuco, timur laut Brasil.

Rekaman lainnya menunjukkan seorang nelayan yang melempar jaring sambil mengenakan topi, yang juga digunakan dalam video promosi Filipina, serta gambar seseorang naik kereta di atas bukit pasir di Uni Emirat Arab.

Meskipun AFP telah meminta komentar dari juru bicara Kementerian Pariwisata, namun tidak ada tanggapan yang diberikan pada hari Minggu. Menteri Pariwisata, Christina Frasco, dalam wawancara dengan media lokal pekan lalu, menyebut bahwa kampanye branding baru ini menghabiskan sekitar 49 juta peso (sekitar USD 900.000).

Frasco juga mengungkapkan bahwa kementerian telah melakukan survei global yang menunjukkan bahwa di era pasca pandemi, wisatawan menginginkan pengalaman “interaksi otentik dengan masyarakat”. Oleh karena itu, slogan baru telah digunakan menggantikan slogan sebelumnya, yaitu “Lebih Menyenangkan di Filipina”

Indonesia memiliki banyak contoh pemandangan alam yang indah, di antaranya:

  1. Danau Toba, Sumatera Utara: Danau vulkanik terbesar di dunia dengan keindahan alam yang menakjubkan.
  2. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur: Rumah bagi hewan langka seperti Komodo, pulau ini menawarkan pemandangan pantai berpasir putih dan perairan biru yang jernih.
  3. Gunung Bromo, Jawa Timur: Salah satu gunung berapi paling terkenal di Indonesia yang menawarkan pemandangan panorama alam yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit.
  4. Raja Ampat, Papua Barat: Destinasi penyelaman yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya, terumbu karang yang spektakuler, dan pulau-pulau yang eksotis.
  5. Pantai Kuta, Bali: Pantai yang terkenal dengan pasir putihnya yang halus, ombak yang cocok untuk berselancar, dan matahari terbenam yang memukau.
  6. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur: Area lindung yang memuat beberapa pulau indah, pantai, dan keanekaragaman hayati, termasuk Komodo, varan terbesar di dunia.
  7. Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok: Gunung berapi aktif dengan danau kawah yang indah, air terjun, dan pemandangan alam yang spektakuler.
  8. Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung: Terkenal dengan pantainya yang berpasir putih dan bebatuan granit yang unik, pulau ini menawarkan pesona alam yang memukau.
  9. Kawah Ijen, Jawa Timur: Kawah aktif yang terkenal dengan blue fire-nya yang langka dan Danau Kawah Ijen yang memiliki air berwarna biru kehijauan.
  10. Taman Nasional Ujung Kulon, Banten: Menjadi tempat perlindungan bagi badak Jawa yang terancam punah, taman nasional ini juga menawarkan keindahan hutan hujan, pantai, dan pulau-pulau kecil.
  11. Pantai Panjang, Bengkulu: merupakan pantai yang berada di Provinsi Bengkulu. Pantai ini memiliki garis pantai yang mencapai 7 km dan lebar pantai sekitar 500 meter.

Itu hanya beberapa contoh dari banyaknya keindahan alam di Indonesia yang memukau dan unik dalam keanekaragaman alamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *