Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Pakar Sebutkan 5 Tips Jaga Kesehatan Anak Musim Kemarau

×

Pakar Sebutkan 5 Tips Jaga Kesehatan Anak Musim Kemarau

Sebarkan artikel ini
Pakar Sebutkan 5 Tips Jaga Kesehatan Anak Musim Kemarau
Pakar Sebutkan 5 Tips Jaga Kesehatan Anak Musim Kemarau - foto dok bebeclub

Musim kemarau berkepanjangan disertai minimnya curah hujan dapat menimbulkan berbagai masalah termasuk pada anak. Berbeda dengan orang tua, anak-anak lebih rentan terhadap paparan cuaca ekstrem dan perubahan lingkungan yang terjadi.
Dengan adanya potensi ancaman musim kemarau yang bisa menyerang anak-anak, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Firman, mengatakan bahwa orang tua atau pengasuh anak perlu melakukan langkah-langkah pencegahan serta perawatan yang tepat terhadap anak. Apa saja?

Selama musim kemarau, penting untuk menjaga kesehatan anak-anak agar terhindar dari masalah kesehatan yang umum terkait cuaca kering dan panas. Berikut adalah lima tips untuk menjaga anak tetap sehat selama musim kemarau

1. Pentingnya Hidrasi:
Pastikan anak Anda cukup minum air. Musim kemarau dapat menyebabkan dehidrasi lebih cepat, terutama jika anak aktif atau bermain di luar. Berikan anak Anda air putih secara teratur dan hindari minuman berkafein dan berenergi, yang dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Pakaian yang Tepat:
Kenakan pakaian yang nyaman, longgar, dan berbahan katun pada anak Anda. Hindari pakaian yang terlalu tebal atau ketat, karena ini dapat meningkatkan risiko panas berlebih.

3. Gunakan Pelindung Matahari:
Jika anak Anda akan berada di luar selama periode panas, pastikan mereka menggunakan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi dan memakai topi untuk melindungi kulit dan matahari. Ini membantu mencegah kerusakan kulit dan lindungi dari sinar UV berbahaya.

4. Makanan Sehat:
Pastikan anak Anda mendapatkan makanan yang seimbang dan kaya nutrisi. Termasuk buah-buahan segar dan sayuran dalam diet mereka. Hindari makanan berlemak berlebihan dan makanan cepat saji yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

5. Jaga Kebersihan:
Musim kemarau sering kali menghasilkan debu dan polusi udara yang lebih tinggi. Pastikan anak Anda menjaga kebersihan dengan mencuci tangan secara teratur dan menjaga ruangan tetap bersih. Ini dapat membantu mencegah infeksi dan masalah pernapasan.

Selain itu, perhatikan tanda-tanda dehidrasi, panas berlebih, atau masalah kesehatan lain pada anak Anda. Jika mereka mengalami gejala seperti haus berlebihan, demam tinggi, pusing, atau mual, segera konsultasikan dengan dokter. Keamanan dan kesehatan anak adalah prioritas, terutama selama musim kemarau yang bisa sangat panas dan kering.

 

Dengan menjaga kesehatan anak selama musim kemarau memiliki banyak dampak positif yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka. Beberapa dampak positif tersebut termasuk.

• Mencegah Dehidrasi: Memastikan anak-anak tetap terhidrasi dengan baik selama musim kemarau dapat mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, dan menjaganya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

• Meningkatkan Kesehatan Fisik: Anak-anak yang sehat selama musim kemarau cenderung memiliki kesehatan fisik yang lebih baik. Mereka lebih aktif, memiliki energi yang cukup untuk bermain, dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

• Pertumbuhan yang Optimal: Nutrisi yang tepat selama musim kemarau membantu anak-anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Diet seimbang yang kaya akan vitamin dan mineral mendukung perkembangan tulang, otot, dan sistem saraf mereka.

• Performa Sekolah yang Lebih Baik: Anak-anak yang sehat memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik. Ini dapat memengaruhi hasil belajar mereka di sekolah. Anak-anak yang merasa baik cenderung lebih fokus dan lebih siap untuk belajar.

• Meningkatkan Kualitas Tidur: Kesehatan yang baik selama kemarau dapat memperbaiki kualitas tidur anak-anak. Tidur yang baik penting untuk pemulihan fisik dan mental, yang dapat mempengaruhi suasana hati dan tingkat energi mereka.

• Mengurangi Risiko Penyakit: Menjaga kesehatan anak selama kemarau dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang umum terjadi selama musim ini, seperti infeksi pernapasan atau masalah kulit.

• Peningkatan Kebugaran dan Keterampilan Sosial: Anak-anak yang sehat dan aktif selama musim kemarau lebih mungkin terlibat dalam kegiatan fisik dan berinteraksi dengan teman-teman mereka. Ini dapat meningkatkan kebugaran fisik mereka dan keterampilan sosial.

• Memberikan Kebiasaan Sehat: Merawat kesehatan anak selama musim kemarau juga membantu membentuk kebiasaan sehat yang dapat mereka pertahankan sepanjang hidup mereka.

• Meminimalkan Absensi Sekolah: Dengan menjaga kesehatan anak-anak, Anda dapat membantu meminimalkan absensi sekolah karena sakit, yang pada gilirannya dapat meningkatkan prestasi akademik mereka.

• Meningkatkan Kualitas Hidup: Secara keseluruhan, menjaga kesehatan anak selama kemarau membantu meningkatkan kualitas hidup mereka dengan memberikan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kebahagiaan mereka.

Dengan demikian, menjaga kesehatan anak selama  kemarau memiliki dampak positif yang sangat besar pada berbagai aspek kehidupan mereka, dari kesejahteraan fisik hingga prestasi akademik. Ini merupakan investasi penting dalam masa depan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *