Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Fakta Tentang Candi Borobudur yang Tak Banyak Diketahui Banyak Orang!

×

Fakta Tentang Candi Borobudur yang Tak Banyak Diketahui Banyak Orang!

Sebarkan artikel ini
Fakta Tentang Candi Borobudur
Fakta Tentang Candi Borobudur yang Tak Banyak Diketahui Banyak Orang! - foto istimewa

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang Candi Borobudur yang menarik:

  1. Candi Borobudur merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Sailendra.
  2. Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini terdiri dari sembilan tingkat, dengan tingkat teratas berbentuk stupa besar yang dikelilingi oleh 72 stupa kecil.
  3. Candi Borobudur memiliki panjang 123 meter dan tinggi 35 meter. Struktur candi ini terdiri dari lebih dari 2 juta blok batu vulkanik yang diukir dengan tangan.
  4. Candi Borobudur menggambarkan ajaran Buddha dalam bentuk relief yang membentang di sekitar dinding candi. Relief tersebut menceritakan kisah-kisah dari kitab suci Buddha, seperti Jataka dan Gkamuvyuha.
  5. Candi Borobudur menyimpan banyak patung Buddha. Terdapat 504 patung Buddha di dalam candi, dengan patung Buddha besar yang dikelilingi oleh patung-patung kecil.
  6. Candi Borobudur memiliki arsitektur yang unik. Candi ini dibangun tanpa menggunakan bahan perekat, melainkan menggunakan sistem perakitan dengan memanfaatkan berat batu-batu tersebut.
  7. Candi Borobudur menghadap ke barat, yang merupakan arah matahari terbenam. Hal ini melambangkan perjalanan spiritual dari kegelapan menuju pencerahan.
  8. Candi Borobudur pernah terkubur selama berabad-abad di tengah hutan dan abu vulkanik setelah kerajaan Mataram kuno mengalami kejatuhan. Candi ini ditemukan kembali pada abad ke-19 dan kemudian mengalami proses restorasi besar-besaran.
  9. Setiap tahun, Candi Borobudur menjadi tujuan wisata yang populer. Pada tanggal 1 Waisak (perayaan kelahiran, pencerahan, dan wafatnya Buddha), ribuan umat Buddha datang ke candi ini untuk melakukan ritual dan prosesi keagamaan.
  10. Candi Borobudur juga sering dijadikan tempat penyelenggaraan berbagai acara budaya dan seni, seperti pertunjukan musik, tari, dan festival. Hal ini menunjukkan pentingnya candi ini sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang kaya.
  11. Candi Borobudur merupakan salah satu tempat yang sangat penting bagi umat Buddha. Setiap tahun, ribuan peziarah dari seluruh dunia datang ke candi ini untuk melakukan ziarah dan meditasi.
  12. Relief yang terdapat di Candi Borobudur mencerminkan kehidupan sehari-hari pada masa itu, termasuk aktivitas pertanian, kehidupan di istana, dan perang. Relief-relief ini memberikan informasi berharga tentang budaya dan sejarah Jawa pada masa lampau.
  13. Candi Borobudur memiliki sistem drainase yang sangat baik. Di bagian bawah candi terdapat saluran-saluran air yang membantu mengalirkan air hujan sehingga candi tidak tergenang.
  14. Pada tahun 1985, Candi Borobudur mengalami proses restorasi yang melibatkan ahli arkeologi dan para pakar internasional. Proses ini memakan waktu sekitar 8 tahun dan berhasil mengembalikan keindahan asli candi yang terkikis oleh waktu dan bencana alam.
  15. Keunikan Candi Borobudur terletak pada arsitekturnya yang menggabungkan unsur-unsur Budha, Hindu, dan Jawa. Hal ini menggambarkan toleransi agama dan budaya yang ada pada masa itu.
  16. Pada tahun 1991, Candi Borobudur diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia dan dinyatakan sebagai salah satu keajaiban dunia.
  17. Candi Borobudur pernah menjadi korban vkamulisme dan perusakan oleh kelompok teroris pada tahun 1985. Namun, setelah dilakukan restorasi, candi ini kembali menjadi tujuan wisata yang aman dan indah.
  18. Pada tahun 2019, Candi Borobudur menjadi lokasi penyelenggaraan konser musik bertajuk “Concerto for Borobudur”, yang merupakan pertunjukan musik klasik yang spektakuler dengan latar belakang candi yang megah.
  19. Candi Borobudur juga menjadi objek penelitian dan studi bagi para arkeolog, sejarawan, dan ahli seni dari seluruh dunia. Melalui penelitian ini, kita dapat mempelajari lebih dalam tentang kebudayaan dan peradaban masa lalu.
  20. Candi Borobudur telah menjadi ikon pariwisata Indonesia dan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang datang ke Jawa Tengah. Keindahan dan keagungan candi ini menjadikannya sebagai salah satu tempat yang paling menarik di Indonesia.

Itulah beberapa fakta menarik tentang Candi Borobudur. Candi ini tidak hanya menjadi keajaiban arsitektur kuno, tetapi juga menjadi simbol kekayaan budaya dan spiritualitas Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *