Alaku
Alaku
News

Viral! Siswa SMAN 03 Kota Semarang Diterima di 21 Universitas Luar Negeri!

×

Viral! Siswa SMAN 03 Kota Semarang Diterima di 21 Universitas Luar Negeri!

Sebarkan artikel ini
SMAN 03 Kota Semarang
Viral! Siswa SMAN 03 Kota Semarang Diterima di 21 Universitas Luar Negeri! - foto ist

Maulana Fatahillah Adzima, seorang siswa SMAN 3 Kota Semarang, Jawa Tengah, telah menjadi viral di media sosial setelah berhasil diterima di 21 universitas luar negeri dengan 27 Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/LoA). Prestasi Maulana juga dibagikan melalui akun Instagram resmi SMA N 03 Kota Semarang, @sman3semarang. Postingan tersebut telah mendapatkan 403 komentar dari warganet hingga saat ini. Arief Setyayoga, Wakil Kepala Bidang Komunikasi dan Kerjasama SMAN 03 Kota Semarang, menjelaskan bahwa Maulana merupakan lulusan SMAN 3 Kota Semarang pada bulan Mei 2023 yang lalu.

“Dia diterima empat universitas di Kanada, Inggris dan Australia, serta tujuh universitas di Amerika Serikat. Lainnya dia juga ditermia di Singapura, Bulgaria, dan Belanda,” jelasnya saat ditemui di kantornya, Rabu (5/7/2023).

Menurut penjelasannya, Maulana adalah seorang siswa yang sangat aktif selama masa pendidikannya di SMAN 03 Kota Semarang. Ia memiliki minat yang kuat dalam bidang penelitian dan riset, dan sering mengubah minat tersebut menjadi karya ilmiah yang berharga.

“Dia (Maulana) memang aktif ketika mengikuti pelajaran,” kata dia. Yang dilangsir melalui Kompas.com

Maulana, di mata para guru, dikenal sebagai sosok yang cerdas dan aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan lomba karya ilmiah, baik di dalam maupun luar negeri. Ia telah meraih sejumlah penghargaan prestisius dalam bidang tersebut. Salah satunya adalah medali emas yang diperolehnya dalam lomba karya ilmiah pada Olimpiade Sains Nasional Bidang Geografi. Penghargaan tersebut menarik perhatian Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dan akibatnya Maulana berhasil masuk sebagai salah satu penerima beasiswa Indonesia Maju.

Penghargaan dan prestasi yang diperoleh Maulana dalam bidang karya ilmiah tidak hanya berhenti di medali emas Olimpiade Sains Nasional Bidang Geografi. Karya ilmiahnya juga telah diajukan ke Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), yang membuka pintu bagi Maulana untuk mendapatkan beasiswa Indonesia Maju.

Prestasi Maulana dalam karya ilmiah yang diakui secara nasional merupakan cerminan dari dedikasinya yang tinggi dan ketekunan dalam penelitian. Ia aktif berpartisipasi dalam berbagai kompetisi dan lomba karya ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional, yang menunjukkan kecintaannya pada ilmu pengetahuan dan keinginannya untuk terus mengembangkan pengetahuannya.

Para guru sangat mengapresiasi kecerdasan dan keaktifan Maulana dalam mengejar minatnya di bidang penelitian. Mereka melihat potensi yang besar dalam dirinya dan yakin bahwa Maulana memiliki masa depan yang cerah dalam dunia ilmiah. Prestasi-prestasi ini juga menjadi inspirasi bagi siswa-siswa lain di SMAN 03 Kota Semarang untuk mengejar impian dan meraih prestasi dalam bidang yang mereka minati.

Dalam penjelasannya, diketahui bahwa Maulana telah memilih dengan mantap untuk melanjutkan kuliah di UC Berkeley, Amerika Serikat, dengan jurusan Civil Engineering. Meskipun memiliki minat di bidang geografi, ia memutuskan untuk mengambil jurusan Teknik di Universitas Berkeley. Arief, dengan bangga, menyatakan kebanggaannya terhadap prestasi Maulana. Ia berharap Maulana dapat mengikuti jejak lulusan SMAN 03 Kota Semarang lainnya, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi. “Tentunya, kita sangat bangga dengan pencapaian ini,” tambah Arief

 

Dalam penjelasannya, Arief mengungkapkan bahwa Maulana telah membuat keputusan yang mantap dengan memilih UC Berkeley di Amerika Serikat untuk melanjutkan studinya jurusan Civil Engineering. Meskipun Maulana memiliki minat di bidang geografi, ia tetap memilih untuk fokus dalam bidang teknik di Universitas Berkeley. Arief merasa sangat bangga dengan pencapaian Maulana dan berharap agar Maulana dapat mengikuti jejak para lulusan SMAN 03 Kota Semarang yang sukses, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi. Arief menambahkan bahwa prestasi Maulana merupakan sumber kebanggaan bagi sekolah dan semoga Maulana akan terus menorehkan prestasi gemilang di masa depan.

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *