Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

(Video) Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23, Usai Vietnam Kalahkan Filipina

×

(Video) Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23, Usai Vietnam Kalahkan Filipina

Sebarkan artikel ini
Alaku

Kini Indonesia sudah dipastikan melaju ke semifinal Piala AFF U-23 2023 sebagai runner-up terbaik. Jatah ini diraih usai Vietnam dan Malaysia berhasil mendapat kemenangan pada laga terakhir fase grup.

Dengan bermain di PTT Stadium, Selasa (22/8) malam WIB, Malaysia berhasil menekukan Timor Lester dengan skor 3-1. Alif Ikmalrizal Anuar mencetak dua gol di menit ke-5 dan 64. Dan satu gol lagi dicetak oleh Aliff Izwan pada menit ke-13. Gol hiburan Timor Leste hadir lewat Olagar Xavier pada menit (41’).

Alaku

Dengan hasil ini, Malaysia pun menempati posisi pertama pada klasemen akhir Grup B dengan enam poin, hasil dari dua kemenangan tersebut. Dan Indonesia menempati posisi kedua dengan tiga poin.

Walaupun hanya berada di urutan kedua, Garuda Muda akan tetap melaju ke semifinal karena di saat bersamaan Vietnam mengalahkan Filipina 1-0 dalam laga Grup C di Rayong Provincial Stadium. Dengan gol tunggal Huu Tuan Nguyen itu menjadi suatu pembeda pada skor kedua tim.

Dengan Hasil di atas membuat Vietnam menempati klasemen akhir Grup C dengan enam poin dari dua laga, sedangkan Filipina hanya meraih satu poin, sama dengan Laos.

Kini Indonesia pun menjadi yang terbaik di antara pada tiga negara penghuni di peringkat dua klasemen akhir di tiga grup berbeda. Dan di Grup A, Kamboja memiliki empat poin, namun diraih pada tiga laga, dilangsir detikcom.

Khusus untuk Grup A, dengan emenangan atas tim juru kunci tidak dihitung, sehingga pada situasi ini Kamboja hanya dinilai cuma mendapat satu poin dari dua laga karena tiga poin lainnya diraih usai menekuk Brunei yang finis di peringkat terakhir.

Dan Filipina juga hanya meraih satu poin pada dua laga, sedangkan Indonesia memiliki tiga poin. Dengan itu, skuad asuhan Shin Tae-yong akan menemani Thailand, Malaysia, dan Vietnam sebagai semifinalis Piala AFF U-23 2023.

Piala AFF U-23, juga dikenal sebagai Kejuaraan Sepak Bola U-23 Asia Tenggara, adalah turnamen sepak bola yang diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola Asosiasi ASEAN (AFF) khusus untuk tim nasional sepak bola U-23 dari negara-negara anggota ASEAN. Tujuan dari turnamen ini adalah memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk bersaing di tingkat internasional dan mengembangkan bakat mereka.

Turnamen Piala AFF U-23 pertama kali diadakan pada tahun 2005. Sejak itu, turnamen ini biasanya diadakan setiap dua tahun sekali, meskipun jadwalnya bisa berubah tergantung pada keputusan AFF. Format turnamen ini melibatkan tim-tim nasional U-23 dari negara-negara ASEAN yang saling bersaing dalam serangkaian pertandingan untuk meraih gelar juara.

Piala AFF U-23 menjadi platform penting bagi pemain muda untuk mendapatkan pengalaman bertanding di tingkat internasional dan meningkatkan kualitas sepak bola di wilayah Asia Tenggara. Selain itu, turnamen ini juga memberikan kesempatan kepada negara-negara untuk mengidentifikasi bakat-bakat muda yang memiliki potensi untuk berkontribusi di level senior.

Ada Beberapa prestasi Indonesia di Piala AFF U-23.

Piala AFF U-23 2013: Indonesia mencapai babak semifinal sebelum kalah dari Thailand. Mereka kemudian memenangkan pertandingan tempat ketiga melawan Myanmar.

Piala AFF U-23 2017: Indonesia menjadi tuan rumah turnamen ini dan berhasil mencapai final, tetapi mereka kalah dari Thailand dan meraih posisi runner-up.

Piala AFF U-23 2019: Indonesia kembali mencapai final dan kali ini berhasil meraih gelar juara setelah mengalahkan Vietnam.

Alaku
Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *