Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Timnas Putri Indonesia U-19 Mengharapkan Adanya Liga Wanita untuk Memperkuat Prestasi Sepakbola Wanita di Indonesia

×

Timnas Putri Indonesia U-19 Mengharapkan Adanya Liga Wanita untuk Memperkuat Prestasi Sepakbola Wanita di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Timnas Putri Indonesia
Timnas Putri Indonesia U-19 Mengharapkan Adanya Liga Wanita untuk Memperkuat Prestasi Sepakbola Wanita di Indonesia - foto dok fajar

Marcela Yuliana Awi, seorang pemain Timnas Putri Indonesia U-19, berpendapat bahwa keberadaan kompetisi Liga Wanita di Indonesia sangatlah penting. Ia berharap agar liga tersebut dapat diperkenalkan di masa depan sehingga pemain-pemain potensial dapat terdeteksi dan menguatkan timnas putri.

Menurut Marcela yang dikutip dari detikcom, adanya liga sepakbola wanita di Indonesia akan memudahkan dalam mengidentifikasi bibit-bibit muda yang memiliki potensi untuk menjadi pemain timnas. Tanpa adanya liga tersebut, perkembangan sepakbola Indonesia, terutama di tim putri, akan sulit dan sulit meraih kesuksesan di tingkat internasional.

“Sayangnya, saat ini liga tersebut belum berjalan dengan baik dan hanya sebatas kompetisi lokal,” tambah Marcela. Pelatih Timnas Putri Indonesia U-19, Rudy Eka Priyambada, juga berpendapat serupa. Rudy berharap bahwa setelah Piala AFF U-19 ini, akan terjadi perkembangan yang signifikan dalam dunia sepakbola wanita di Indonesia.

Rudy juga meminta Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, untuk memberikan perhatian yang lebih besar pada para pemain timnas wanita dan mendukung pembentukan liga wanita. Hal ini sejalan dengan pernyataan Erick Thohir yang menegaskan bahwa tidak akan ada perbedaan perlakuan antara sepakbola pria dan wanita.

Sebelumnya, Timnas Putri Indonesia U-19 tidak berhasil meraih posisi ketiga dalam Piala AFF U-19 Putri 2023 setelah kalah dalam adu penalti 2-4 dari Myanmar pada Sabtu (15/7). Rudy Eka Priyambada pun mengucapkan permintaan maaf atas hasil tersebut.

“Kami meminta maaf dan sangat mengapresiasi usaha maksimal dari para pemain. Tentunya, meski dengan hasil ini, kita harus tetap bersyukur,” ucap Rudy setelah pertandingan.

Timnas Putri Indonesia U-19 berharap agar liga wanita dapat segera terbentuk guna memperkuat skuad nasional dan meningkatkan prestasi sepakbola wanita di Indonesia. Diharapkan bahwa para pemimpin dalam dunia sepakbola dapat memberikan perhatian yang lebih besar pada pembinaan sepakbola wanita, sehingga mereka dapat berkompetisi secara profesional dan meraih kesuksesan di tingkat internasional.

Jika ada liga wanita yang terbentuk di Indonesia, timnas putri dapat mengalami beberapa dampak positif. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi:

  1. Identifikasi dan Pengembangan Bakat

Dengan adanya liga wanita, akan lebih mudah bagi pelatih dan pengamat sepakbola untuk mengidentifikasi bakat-bakat muda yang memiliki potensi. Liga tersebut dapat menjadi ajang untuk menemukan dan mengembangkan pemain-pemain potensial yang dapat memperkuat timnas putri.

  1. Peningkatan Kualitas Persaingan

Liga wanita akan meningkatkan intensitas persaingan di antara klub-klub sepakbola wanita. Hal ini akan mendorong pemain-pemain untuk bermain dengan lebih baik dan meningkatkan level permainan secara keseluruhan. Peningkatan kualitas persaingan akan membantu pemain timnas putri untuk terus berkembang dan beradaptasi dengan standar permainan yang lebih tinggi.

  1. Meningkatkan Kesiapan Turnamen Internasional

Dengan adanya liga wanita yang kompetitif, pemain timnas putri akan memiliki pengalaman bermain di level yang lebih tinggi secara teratur. Hal ini akan membantu mereka dalam menghadapi turnamen internasional dengan lebih baik, baik dalam hal fisik, teknik, maupun taktik.

  1. Peningkatan Popularitas dan Dukungan

Liga wanita yang sukses dapat meningkatkan popularitas sepakbola wanita di Indonesia. Dampaknya, minat dan dukungan dari penonton serta sponsor akan meningkat. Dukungan yang lebih besar dari masyarakat akan memberikan motivasi dan semangat tambahan bagi para pemain timnas putri untuk tampil lebih baik dan mencapai prestasi yang lebih tinggi.

Dengan semua dampak positif ini, diharapkan timnas putri Indonesia dapat berkembang secara signifikan dan meraih kesuksesan yang lebih besar di kancah internasional. Liga wanita akan menjadi fondasi yang kuat dalam membangun prestasi sepakbola wanita Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *