Alaku
Alaku
News

Siapa yang Paling Utama Diberi Sedekah? Dan Apakah Manfaatnya

×

Siapa yang Paling Utama Diberi Sedekah? Dan Apakah Manfaatnya

Sebarkan artikel ini
Sedekah
Siapa yang Paling Utama Diberi Sedekah? Dan Apakah Manfaatnya - foto ilustrasi

Sedekah adalah salah satu amalan dalam Islam yang diwajibkan oleh sejumlah dalil. Salah satunya terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 245 yang menyatakan bahwa Allah akan melipatgandakan pembayaran bagi siapa saja yang memberikan pinjaman kepada-Nya dalam bentuk sedekah yang baik. Sedekah tidak akan membuat seseorang menjadi miskin, sebaliknya Allah akan menggantinya dengan kelipatan yang banyak.

Menurut bukuyang dikutip detikcom berjudul “Sedekah Mahabisnis dengan Allah” karya Amirulloh Syarbini, kata “sedekah” berasal dari bahasa Arab “ash-shadaqah” atau “ash-shidq” yang berarti benar. Ini menunjukkan bahwa sedekah merupakan tanda kebenaran iman seseorang kepada Allah SWT.

Pemberian sedekah memiliki hukum sunnah dan mengandung manfaat yang besar. Sedekah tidak hanya meningkatkan kesejahteraan bagi yang menerima, tetapi juga bagi yang memberi. Rasulullah SAW pernah menyebutkan dalam hadits bahwa sedekah yang paling utama adalah saat seseorang dalam keadaan sehat, sangat menyukai harta, mengharapkan umur panjang, dan takut menjadi miskin.

Ada beberapa golongan yang paling utama untuk menerima sedekah, antara lain:

  1. Keluarga dan Kerabat

Sedekah kepada keluarga dan kerabat lebih utama daripada memberikannya kepada orang miskin. Menurut hadits, sedekah kepada keluarga memiliki nilai ganda yaitu sebagai sedekah dan juga sebagai silaturahmi.

  1. Orang yang Memusuhi

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk memberikan sedekah kepada keluarga dekat yang memusuhi umat Islam. Dengan memberikan sedekah kepada mereka, diharapkan dapat meredakan perselisihan dan memperbaiki hubungan antara mereka.

  1. Suami kepada Istri dan Anaknya

Menafkahi istri dan anak adalah sedekah yang memiliki pahala yang besar bagi seorang suami. Sebagai kepala keluarga, suami memiliki kewajiban untuk menafkahi mereka.

  1. Orang yang Membutuhkan

Sedekah yang paling utama adalah yang diberikan kepada orang yang membutuhkan dan manfaatnya dapat dirasakan secara berkelanjutan. Misalnya, memberikan air kepada yang kekurangan air atau memasang saluran air di tempat yang membutuhkannya.

 

Bersedekah memiliki berbagai manfaat, baik secara spiritual maupun sosial. Berikut adalah beberapa manfaat bersedekah:

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah

Bersedekah merupakan bentuk ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Dengan bersedekah, seseorang dapat mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan keimanan serta ketakwaannya.

  1. Membersihkan Hati dan Jiwa

Bersedekah dapat membersihkan hati dan jiwa seseorang dari sifat kikir, keserakahan, dan kecenderungan egois. Dengan memberikan kepada orang lain, seseorang menjadi lebih dermawan dan empatik terhadap kebutuhan orang lain.

  1. Menyucikan Harta dan Rezeki

Bersedekah merupakan cara untuk menyucikan harta dan rezeki yang dimiliki. Dengan memberikan sebagian dari apa yang kita miliki kepada yang membutuhkan, harta tersebut menjadi lebih berkah dan diberkati.

  1. Mengurangi Ketimpangan Sosial

Melalui sedekah, kesenjangan sosial dapat dikurangi. Bersedekah membantu mendistribusikan kekayaan secara adil kepada mereka yang membutuhkan, sehingga membantu mengurangi kesenjangan antara kaya dan miskin dalam masyarakat.

  1. Meringankan Beban dan Membantu Sesama

Sedekah dapat memberikan bantuan nyata kepada mereka yang membutuhkan. Bantuan tersebut dapat meringankan beban mereka, baik dalam hal kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal, maupun dalam memperoleh pendidikan, perawatan kesehatan, atau memulai usaha kecil.

  1. Mendapatkan Pahala dan Berkah

Bersedekah merupakan amalan yang mendapatkan pahala besar di sisi Allah. Dalam Islam, sedekah dianggap sebagai investasi di akhirat yang akan memberikan ganjaran yang berlipat ganda.

  1. Menumbuhkan Rasa Syukur

Dengan bersedekah, seseorang mengakui bahwa semua rezeki yang dimiliki berasal dari Allah. Hal ini dapat meningkatkan rasa syukur terhadap nikmat-nikmat yang diberikan-Nya dan mendorong untuk berbagi kepada yang membutuhkan.

Bersedekah merupakan amalan yang mulia dan memiliki manfaat yang luas, baik bagi individu maupun masyarakat secara keseluruhan. Dengan memberikan kepada yang membutuhkan, kita dapat merasakan kebahagiaan dan memberikan kontribusi positif dalam dunia ini.

Siapa yang Paling Utama Diberi Sedekah? Dan Apakah Manfaatnya

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *