Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Serba-serbi Piala AFF U-23 : Kamboja Kalah, Kontroversial Wasit Sepanjang Gelaran Piala AFF, dan Jadwal Semifinal Piala AFF U-23

×

Serba-serbi Piala AFF U-23 : Kamboja Kalah, Kontroversial Wasit Sepanjang Gelaran Piala AFF, dan Jadwal Semifinal Piala AFF U-23

Sebarkan artikel ini
Serba-Serbi Piala AFF U-23 : Kamboja Kalah, Kontroversial Wasit Sepanjang Gelaran Piala AFF, dan Jadwal Semifinal Piala AFF U-23
Serba-Serbi Piala AFF U-23 : Kamboja Kalah, Kontroversial Wasit Sepanjang Gelaran Piala AFF, dan Jadwal Semifinal Piala AFF U-23 - foto dok Bolanet
Alaku

Kekalahan Kamboja atas Thailand, membuat Timnas Indonesia masih punya peluang untuk lolos ke semi final Piala AFF U-23. Nasib Timnas Indonesia akan ditentukan hari ini, saat laga Filipina U-23 menghadapi Vietnam U-23.

Indonesia tak bisa memastikan lolos dengan mulus menuju semifinal Piala AFF U-23. Hal itu dikarenakan Bagas Kaffa Dkk kalah dari Malaysia 1-2 dan hanya menang tipis 1-0 saat menghadapi Timor Leste.

Alaku

Saat menghadapi Timor Leste Indonesia mengalami banyak kerugian hal itu membuat pelatih Indonesia Shin Tae-yong angkat bicara. Bahkan ia sampai mengkritik Federasi Sepakbola Asia tenggara tersebut setelah pertandingan menghadapi Timor Leste.

“Saya tidak mau berbicara orang tertentu atau pihak tertentu, [tetapi] jika AFF mau mengembangkan reputasi kompetisi ini, jika negara Asia [Tenggara] ingin mengembangkan sepak bola, kita harus memikirkan sesuatu,” terang Shin. Dilangsir detiknews.

Saat menghadapi Timor Leste ada 2 momen yang membuat Coach Shin emosi, seperti pada menit ke -55 wasit memberikan kartu kuning untuk Shin Tae-yong. Karena melakukan protes terlalu keras karena menurut Shin Tae-yong memang ada beberapa insiden yang merugikan Garuda Muda.

Lebih kontroversial adalah saat Gol kedua Ramadhan Sananta di Menit 79 dianulir karena offside. Saat Sananta sukses menerima umpan lambung dengan kontrol dada di kotak penalti. Sananta sukses melepaskan tendangan datar dan berhasil menjebol gawang Timor Leste. Namun sayang gol itu dianggap offside, padahal Sananta dalam posisi Onside saat menerima bola. Piala AFF memang tidak jauh dari kontroversial.

Karena kedua hasil tersebut Indonesia hampir dipastikan tak akan bisa jadi juara grup, seperti kita ketahui tentunya Malaysia akan mengambil langkah aman saat menghadapi Timor Leste Nantinya. Maka dari satu-satunya jalan untuk lolos, hanya tersisa menjadi peringkat dua terbaik.

Dengan koleksi poin 3, Indonesia sekarang ini sudah dipastikan unggul atas Kamboja dalam perebutan peringkat kedua terbaik. Kamboja baru saja mengumpulkan satu poin setelah imbang menghadapi Myanmar dan kalah 2-0 dari Thailand.

Sedangkan untuk kemenangan saat melawan Brunei Darussalam itu tidak dihitung karena Grup berisikan 4 tim. Menurut Peraturan Piala AFF U-23 2023 menyatakan hasil lawan tim yang berada di dasar klasemen atau peringkat terakhir tidak akan dihitung karena mengingat grup-grup lainnya yang hanya berisikan 3 tim. Tentunya hal ini menguntungkan Indonesia, sebab Saat Kamboja bertemu dengan Brunei Darussalam mereka berhasil menang besar 5 gol tanpa balas.

Dan sekarang nasib Indonesia benar-benar akan ditentukan pada laga Grup C antara Vietnam VS Filipina di Rayong Stadium, Selasa (22/8/23) malam ini. Sebelumnya Filipina hanya berhasil imbang saat bertemu Laos dengan skor 2-2. Laos sekarang sudah dipastikan gugur.

Perjalanan Timnas Indonesia pastinya akan tamat seandainya Filipina bisa menang dengan skor maksimal 2-0 lawan Vietnam. Karena jika Filipina berhasil menang selisih 2 gol. Indonesia dipastikan akan kalah dengan jumlah selisih gol dari Vietnam yang setelah laga tersebut jika kalah akan langsung berada di posisi kedua.

Skenario Terakhir Timnas Indonesia U-23 melaju ke Babak Semifinal :
Filipina U-23 VS Vietnam U-23 (Vietnam berhasil menang/Imbang) Indonesia lolos
Filipina U-23 VS Vietnam U-23 (Filipina menang tipis 1-0) Indonesia Lolos
Filipina U-23 VS Vietnam U-23 (Filipina menang 2-0 atau lebih) Indonesia Tidak Lolos

Selain itu di pertandingan lainnya Grup B Antara Malaysia Vs Timor Leste juga akan jadi penentu.

Malaysia U-23 VS Timor Leste U-23 (Malaysia Menang/Imbang) Indonesia Lolos

Malaysia U-23 Vs Timor Leste (Malaysia Kalah, Timor Leste Menang) Indonesia Gagal Lolos

Seandainya semua skenario itu berjalan lancar maka Indonesia akan lolos ke semifinal. Di Semifinal Indonesia kemungkinan besar akan bertemu Juara Grup A yaitu Thailand. Semifinal akan digelar pada Kamis ( 24/8/2023) di Thailand.

Alaku
Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *