Alaku
Alaku
News

Sedang Booming Beli Centang Biru Instagram, Berikut Kata Pakar

×

Sedang Booming Beli Centang Biru Instagram, Berikut Kata Pakar

Sebarkan artikel ini
Sedang Booming Beli Centang Biru Instagram, Berikut Kata Pakar
Sedang Booming Beli Centang Biru Instagram, Berikut Kata Pakar - foto dok metrosatucom

Dan Baru-baru ini, Instagram menghadirkan layanan centang biru berbayar di Instagram dan Facebook. Dengan membayar Rp 100 ribu- Rp 130 per bulannya, pengguna bisa menampilkan centang biru di profil media sosialnya. Munculnya layanan ini langsung digandrungi masyarakat. Meski demikian, fenomena banyaknya orang yang membeli centang biru di profil media sosialnya. Munculnya layanan ini langsung digandrungi masyarakat. Walaupun itu, fenomena banyaknya orang yang membeli centang biru mendapat berbagai respons.

Radius Setiyawan selaku Dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) turut memberikan tanggapan.

“Kalau dulu centang biru hanya bisa didapatkan oleh pengguna terkenal seperti politisi, eksekutif, influencer dan organisasi yang menandakan legitimasi pengguna, kini centang biru bisa menjadi milik siapa saja, asal mereka mempunyai uang untuk membayarnya,” ungkap Radius dalam situs UM Surabaya, (8/8/2023) Selasa.

Dan dosen pengampuan mata kuliah kajian media dan budaya itu memberitahukan, atas kehadiran centang biru akan menciptakan sistem kasta digital terhadap bagi mereka yang mampu dan kurang mampu.

“Di Era digital seperti saat ini kesempatan meneruskan informasi terbuka bagi semua kelas, kalau sudah begitu keinginan ingin diakui semakin besar,” tegasnya, dilangsir detikcom.

Dan ia memberikan media yang sebelumnya diimajinasikan menjadi ruang bebas aktif untuk semua golongan atau setingkat yang sudah mulai pudar.

Menurutnya, dalam konteks pengakuan diri, menjadi berbeda dan membedakan diri dengan yang lain menjadi sangat penting. Terlebih dunia digital memberikan kesempatan tersebut.

Kini Membeli akun centang biru tergolong dalam bagian ingin diakui orang banyak. Selain itu, Radius menambahkan bahwa kondisi diatas jamak terjadi di era digital, dikutip detikcom

“Keberadaan manusia sekarang ini sangat tergantung pada simbol-simbol yang menempel pada citra diri. Eksistensi dirinya sangat tergantung dari seberapa aktif ia memamerkan dirinya di dunia digital,” pungkas Radius.

Untuk mendapatkan centang biru (verified badge) di Instagram, Anda perlu memenuhi syarat-syarat tertentu dan mengajukan permohonan kepada Instagram. Centang biru menunjukkan bahwa akun Anda adalah akun resmi dan otentik. Namun, perlu diingat bahwa Instagram tidak menjamin semua permohonan akan disetujui. Berikut langkah-langkah umumnya:

1. Autentikasi Akun

Pastikan akun Anda sudah otentik dan mewakili entitas, tokoh publik, atau organisasi yang sah. Akun pribadi biasanya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan centang biru.

2. Profil Lengkap

Isi profil akun Anda dengan informasi yang lengkap dan akurat. Tambahkan nama lengkap, foto profil, bio yang deskriptif, dan informasi kontak yang valid.

3. Aktif dan Berkualitas

Akun Anda harus memiliki konten yang berkualitas dan aktif. Kirimkan postingan secara konsisten dan interaksikan dengan pengikut Anda.

4. Popularitas atau Relevansi

Akun Anda harus memiliki tingkat popularitas atau relevansi yang cukup tinggi. Ini bisa dilihat dari jumlah pengikut, interaksi, atau dampak yang Anda miliki.

5. Keunikan

Pastikan akun Anda memiliki keunikan dan nilai tambah yang membedakannya dari akun-akun lain.

6. Tidak Melanggar Aturan

Pastikan akun Anda tidak melanggar aturan Instagram. Akun yang terlibat dalam pelanggaran atau praktik curang dapat ditolak permohonannya.

7. Mengajukan Permohonan

Buka aplikasi Instagram, masuk ke akun Anda, dan pergi ke Pengaturan. Gulir ke bawah dan pilih “Akun” dan kemudian “Permohonan Verifikasi”. Isi formulir yang diberikan dengan informasi yang akurat dan lengkap.

8. Tunggu Konfirmasi

Setelah mengajukan permohonan, Anda harus bersabar menunggu. Instagram akan meninjau permohonan Anda. Jika permohonan Anda disetujui, Anda akan diberi centang biru di profil Anda.

 

Instagram memperkenalkan centang biru (verified badge) sebagai tanda pengenal akun otentik dan resmi pada tahun 2014. Tujuan utamanya adalah untuk membantu pengguna Instagram membedakan antara akun-akun asli dari tokoh publik, selebriti, dan merek resmi dengan akun-akun palsu atau peniruan.

Centang biru ini dirancang untuk memberikan kepercayaan kepada pengguna bahwa akun yang memiliki tanda tersebut benar-benar terhubung dengan tokoh atau entitas yang sesungguhnya. Dengan adanya centang biru, pengguna Instagram dapat lebih mudah memastikan bahwa mereka mengikuti dan berinteraksi dengan akun-akun yang sah dan dapat dipercaya.

Pengenalan centang biru ini juga sejalan dengan upaya Instagram untuk meningkatkan kualitas dan keamanan platformnya, serta memberikan pengalaman yang lebih positif bagi penggunanya. Dengan adanya tanda verifikasi ini, pengguna dapat merasa lebih yakin dalam berinteraksi dengan akun-akun yang mereka temui di Instagram.

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *