Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Qada and Qadar : Penjelasan tentang Ketetapan dan Takdir Ilahi Allah

×

Qada and Qadar : Penjelasan tentang Ketetapan dan Takdir Ilahi Allah

Sebarkan artikel ini
Qada and Qadar
Qada and Qadar : Penjelasan tentang Ketetapan dan Takdir Ilahi Allah-foto ilustrasi

Qada dan Qadar adalah istilah dalam bahasa Arab yang mengacu pada ketetapan dan takdir ilahi Allah. Konsep-konsep ini adalah bagian penting dalam keyakinan Islam dan memiliki kepentingan yang signifikan dalam memahami hubungan antara manusia dengan Penciptanya. Qada’ merujuk pada ketetapan atau penentuan Allah terhadap peristiwa-peristiwa, sementara Qadar merujuk pada takdir atau nasib segala sesuatu di alam semesta.

Konsep Qada dan Qadar didasarkan pada beberapa prinsip utama:

  1. Ilmu Ilahi:
    Allah memiliki pengetahuan yang lengkap tentang segala sesuatu yang telah terjadi, sedang terjadi, dan akan terjadi. Pengetahuannya meliputi segala aspek kehidupan, termasuk masa lalu, masa kini, dan masa depan.
  2. Kehendak Ilahi:
    Kehendak Allah adalah kekuatan yang mendorong terjadinya peristiwa di alam semesta. Tidak ada yang dapat terjadi tanpa kehendak-Nya. Setiap peristiwa, besar atau kecil, merupakan hasil dari kehendak ilahi-Nya.
  3. Kebebasan Manusia:
    Sementara ketetapan dan takdir Allah bersifat mutlak, Islam juga mengakui konsep kebebasan manusia. Manusia memiliki kemampuan untuk membuat pilihan dan keputusan, dan mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka. Namun, pilihan dan tindakan mereka berada dalam kerangka ketetapan ilahi Allah.
  4. Hikmah dan Keadilan:
    Ketetapan ilahi Allah didasarkan pada hikmah dan keadilan. Meskipun manusia tidak selalu memahami alasan di balik peristiwa atau keadaan tertentu, segala yang terjadi merupakan bagian dari rencana yang lebih besar dan memiliki tujuan dalam tatanan yang lebih luas.
  5. Tawakkal kepada Allah:
    Kaum beriman didorong untuk menempatkan kepercayaan mereka pada ketetapan dan takdir ilahi Allah serta memiliki iman pada hikmah-Nya. Mereka memahami bahwa bahkan dalam waktu sulit atau ujian, segala sesuatu terjadi dengan alasan, dan rencana Allah pada akhirnya adalah untuk kebaikan mereka.

Perlu dicatat bahwa konsep Qada’ dan Qadar tidak meniadakan tanggung jawab atau usaha manusia. Muslim dianjurkan untuk berjuang, bekerja keras, dan membuat pilihan terbaik sambil menaruh kepercayaan pada ketetapan ilahi Allah. Mereka percaya bahwa meskipun mereka memiliki kemampuan untuk merencanakan dan bertindak, hasil akhir berada di tangan Allah.

 

Secara ringkas, Qada’ dan Qadar adalah konsep integral dalam Islam yang menekankan keyakinan akan kendali dan pengetahuan Allah yang sempurna atas segala sesuatu. Konsep ini mengingatkan umat Muslim akan ketergantungan mereka pada ketetapan dan takdir ilahi Allah sambil menekankan pentingnya tanggung jawab dan kebebasan manusia. Dengan memahami dan menerima Qada’ dan Qadar, umat Muslim berusaha untuk memperkuat iman mereka, menaruh kepercayaan pada hikmah Allah, dan menemukan kedamaian dalam rencana-Nya bagi kehidupan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *