Alaku
Alaku
News

Planet Mars Semakin Cepat Berputar, Ini Penyebabnya!

×

Planet Mars Semakin Cepat Berputar, Ini Penyebabnya!

Sebarkan artikel ini
Planet Mars Semakin Cepat Berputar, Ini Penyebabnya!
Planet Mars Semakin Cepat Berputar, Ini Penyebabnya! foto dok wikipedia

Para ilmuwan telah menemukan, planet Mars berputar sedikit lebih cepat setiap tahunnya. Ini menimbulkan, lamanya satu hari di Mars semakin pendek sepersekian milidetik setiap tahunnya. Berdasarkan sebuah artikel ilmiah yang diterbitkan 14 Juni lalu di jurnal Nature, kini para astronom menggunakan data dari misi InSight NASA untuk melihatkan bahwa putaran Planet Merah berakselerasi dengan kecepatan 4 miliar detik per tahunnya.

Cara menghitung Putaran Mars

Perubahan rotasi seperti itu sebenarnya bisa sulit dideteksi. Tapi, InSight dapat menyatukan data selama empat tahun sebelum kehabisan daya pada Desember 2022. Studi yang terbaru ini mempelajari pengukuran yang diambil dari 900 hari pertama misi di Mars.

Dengan memantulkan gelombang radio ke luar angkasa dan menilai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kembali ke permukaan planet, InSight menggambarkan potret putaran planet Secara mendetil.

Para ilmuwan tidak 100% yakin apa yang menyebabkan percepatan ini, tetapi mereka memiliki beberapa hipotesis. Salah satunya adalah akumulasi es di kutub Planet Mars yang menyebabkan sedikit perubahan dalam distribusi massanya.

Atau, para peneliti berhipotesis, percepatan bisa jadi karena fenomena yang disebut post-galcial rebound, di mana daratan muncul setelah ribuan tahun terkubur dibawah es. Bagaimanapun, pergeseran secara bertahap cukup memakan waktu yang sangat lama.

Selain mencari putaran planet, data InSight memberikan gambaran tentang menuju ke inti Mars yang belum pernah ada sebelumnya. Setelah diketahui inti Mars memiliki radius sekitar 1.150 mil (1.850 kilometer).

Ukurannya lebih dari inti Bumi 2.165 mil (3.485 kilometer), tetapi dibandingkan planet itu sendiri lebih besar sebagai perbandingan lainnya.

Berapa Usia Bumi Saat ini?

Dikutip dari Live Science, studi tersebut juga mengatakan bahwa inti Mars tidak seragam. Dan Sebaliknya, ada daerah dengan kerapatan lebih tinggi atau lebih rendah, kini menyebabkan material dan cairnya tumpah saat Mars berputar. Studi menunjukkan, ini juga bisa menjadi sebagai alasan lain dengan semakin cepatnya putaran Planet Merah.

“Ini adalah eksperimen bersejarah,” kata Sebastian Le Maistre, seorang ilmuwan planet di Royal Observatory of Belgium dan penulis utama studi tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan, dilangsir detikcom.

“Kami telah banyak menghabiskan waktu dan energi untuk mempersiapkan percobaan ini dan mengantisipasi penemuan-penemuan tersebut. Namun walau demikian, kami masih terkejut di sepanjang prosesnya, “ katanya lagi, dilangsir detikcom.

Tentu, mari saya beri tahu Anda lebih lanjut tentang planet Mars! Mars adalah planet keempat dari Matahari dalam urutan terdekat setelah Bumi. Berikut beberapa informasi penting tentang Mars:

1. Ukuran dan Massa
Mars memiliki diameter sekitar setengah dari diameter Bumi dan sekitar sepertiga massa Bumi. Ini menjadikannya planet terkecil kedua dalam Tata Surya setelah Merkurius.

2. Permukaan dan Geologi
Permukaan Mars dikenal dengan medan yang penuh dengan batuan, kawah, lembah, dan pegunungan. Salah satu fitur yang paling mencolok adalah Gunung Olympus, gunung tertinggi dalam Tata Surya. Mars juga memiliki lembah besar, seperti Valles Marineris, yang lebih panjang dan dalam daripada Grand Canyon di Bumi.

3. Atmosfer
Atmosfer Mars terdiri terutama dari karbon dioksida (95%) dengan jejak nitrogen dan argon. Kepadatan atmosfernya sangat rendah, sekitar 1% kepadatan atmosfer Bumi, yang membuatnya sulit bagi air cair untuk bertahan di permukaan.

4. Pencarian Kehidupan
Penelitian Mars telah dilakukan untuk mencari tanda-tanda kehidupan, baik di masa lalu maupun saat ini. Meskipun belum ada bukti pasti tentang keberadaan kehidupan, beberapa penemuan mengindikasikan bahwa air mungkin telah ada di permukaan planet ini di masa lalu.

5. Misi Eksplorasi
Berbagai misi luar angkasa telah dikirim ke Mars, termasuk pesawat luar angkasa, penjelajah, dan penelitian dengan pengorbit. NASA telah meluncurkan beberapa misi sukses ke Mars, seperti kelompok pesawat Viking, penjelajah Mars rovers (Spirit, Opportunity, Curiosity, dan Perseverance), serta pengorbit Mars Reconnaissance Orbiter.

6. Rencana Masa Depan
Manusia sedang merencanakan untuk mengirim misi berawak ke Mars dalam beberapa dekade mendatang. Ini adalah bagian dari upaya eksplorasi lebih lanjut untuk memahami planet ini dan mempersiapkan langkah-langkah menuju kolonisasi masa depan.

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *