Alaku
Alaku
News

Piala Asia 2023 : Menanti Naturalisasi Grade A

×

Piala Asia 2023 : Menanti Naturalisasi Grade A

Sebarkan artikel ini
Piala Asia 2023 : Menanti Naturalisasi Grade A
Piala Asia 2023 : Menanti Naturalisasi Grade A - Foto Dok Kompas

Janji PSSI tentang menaturalisasi pemain Grade A untuk Piala Asia 2023 belum juga terwujud. Hingga saat ini belum ada kabar tentang rencana tersebut. Piala Asia akan digelar pada 12 Januari 2024 di Qatar. Itu artinya saat ini hanya tersisa empat bulan waktu untuk Timnas Indonesia dalam mempersiapkan diri, termasuk mencari pemain diaspora terbaik untuk menuai hasil yang bagus dalam ajang tersebut.

Ada 2 nama yang telah selesai di naturalisasi PSSI dan telah selesai urusan administrasinya sekitar Mei-Juni lalu. Kedua nama tersebut adalah Rafael Struijk dan Ivar Jenner yang menjadi pemain terakhir. Kedua pemain tersebut sebenarnya disiapkan untuk Timnas Indonesia U-20, tapi akhirnya dipromosikan ke Timnas Senior.

Hasan Abdulgani selaku Eks Anggota Komite Eksekutif (Exco PSSI memberi pernyataan bahwa Rafael Struijk dan Ivar Janner bukan pemain terakhir. Ia menyebut PSSI masih mengincar ‘pemain grade A’ untuk memperkuat Timnas demi Piala Asia 2023.

Sejak pernyataan waktu itu, belum ada lagi kabar perihal informasi soal nama-nama pemain Grade A yang dimaksud. Tidak terendus juga prosesnya sampai sejauh mana.

Karena pernyataan itu, banyak dar warganet untuk mulai menagih janji tersebut. Kolom komentar media sosial Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun tak luput dari sasaran penagihan janji naturalisasi.

Salah satu nama yang muncul adalah Jay Idzes yang sekarang sedang bermain bersama klub Italia Venezia. Jay Idzes dinilai sangat cocok untuk menambah daya dobrak Garuda di Piala Asia.

Kehadiran Jay Idzes diyakini akan menambah kekuatan di lini tengah Garuda Nusantara. Apalagi Jay Idzes masih berusia muda yaitu 23 Tahun. Jauh di bawah Marc Klok yang saat ini masih berusia 30 Tahun yang sejak dinaturalisasi sudah menjadi andalan bagi Timnas Indonesia.

Selain Jay Idzes, muncul juga nama-nama yang telah menjadi favorit untuk dinaturalisasi Timnas Indonesia. Seperti Mees Hilhers, Thom Hayez, Ragnar Oratmangoen, sampai Kevin Diks.

Adapun saat perhelatan Piala Asia 2023 nanti, Timnas Indonesia masuk pot 4 Drawing Piala Asia yang pada akhirnya bergabung dengan Grup D berisikan Jepang, Irak, dan Vietnam yang merupakan tim-tim tangguh.

Tentu, berikut adalah jejak Jepang, Iraq, dan Vietnam dalam Piala Asia.

1. Jepang:
– Jepang adalah salah satu tim yang seringkali tampil kuat dalam Piala Asia. Mereka telah memenangkan turnamen ini beberapa kali.
– Pada tahun 2019, Jepang mencapai final Piala Asia AFC yang diadakan di Uni Emirat Arab, tetapi kalah dari Qatar dalam pertandingan final.

2. Iraq:
– Iraq adalah tim yang juga pernah sukses dalam Piala Asia. Salah prestasi terkenal mereka adalah memenangkan Piala Asia AFC pada tahun 2007.
– Meskipun mereka tidak selalu menjadi favorit, Iraq sering kali menjadi tim yang berpengaruh dalam kompetisi ini.

3. Vietnam:
– Vietnam adalah salah satu tim yang berkembang dalam Piala Asia. Mereka mencapai perempat final Piala Asia 2019, yang merupakan pencapaian terbaik mereka dalam sejarah turnamen ini.
– Vietnam telah menunjukkan peningkatan dalam permainan sepak bola mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Indonesia telah berpartisipasi dalam Piala Asia AFC (Asian Football Confederation) dalam sepak bola. Meskipun prestasinya belum mencapai tahap tertinggi, berikut adalah beberapa jejak Indonesia dalam Piala Asia:

1. Debut: Tim nasional Indonesia pertama kali berpartisipasi dalam Piala Asia pada tahun 1996.

2. Pencapaian Terbaik: Hingga pencapaian terbaik Indonesia dalam Piala Asia adalah mencapai perempat final pada edisi 2007. Mereka juga berhasil mencapai babak 16 besar pada edisi 1996.

3. Penampilan: Tim nasional Indonesia tidak selalu lolos ke setiap edisi Piala Asia, dan mereka harus berjuang keras melalui kualifikasi untuk mendapatkan tempat di turnamen tersebut.

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *