Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
Artikel & Opini

Peran Positif JKT48 dalam Mendukung Kesehatan Mental: Musik, Komunitas, dan Inspirasi

×

Peran Positif JKT48 dalam Mendukung Kesehatan Mental: Musik, Komunitas, dan Inspirasi

Sebarkan artikel ini
Peran Positif JKT48 dalam Mendukung Kesehatan Mental: Musik, Komunitas, dan Inspirasi
Peran Positif JKT48 dalam Mendukung Kesehatan Mental: Musik, Komunitas, dan Inspirasi
Alaku

JKT48 adalah grup idola asal Indonesia yang berbasis di Jakarta, terinspirasi oleh grup idola Jepang AKB48. Grup ini didirikan pada tahun 2011 dan terdiri dari para anggota perempuan yang terpilih melalui audisi. JKT48 memiliki teater di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, di mana anggota tampil secara langsung untuk penggemar.

 

Alaku

Konsep utama JKT48 mirip dengan AKB48, di mana anggota-anggota tersebut tidak hanya menyanyi dan menari, tetapi juga berinteraksi langsung dengan penggemar. Salah satu fitur khasnya adalah “handshake event”, di mana penggemar memiliki kesempatan untuk berjabat tangan dan berbicara dengan anggota grup.

 

Seiring waktu, JKT48 telah merilis berbagai lagu, album, dan produk terkait lainnya. Grup ini juga memiliki sistem rotasi anggota, di mana anggota-anggota yang tampil di panggung teater dan acara lainnya dapat bergantian, memberi kesempatan kepada semua anggota untuk tampil di depan penggemar.

 

JKT48 telah menjadi salah satu ikon budaya populer di Indonesia dan memiliki basis penggemar yang kuat. Grup ini menggabungkan musik, tarian, dan interaksi langsung dengan penggemar untuk menciptakan pengalaman yang unik dalam industri hiburan.

 

 

Lagu-lagu memiliki potensi untuk membawa dampak positif pada kesehatan mental karena kaitannya dengan berbagai aspek psikologis dan emosional. Berikut adalah beberapa alasan mengapa lagu-lagu dapat berkontribusi pada kesehatan mental:

 

Lagu-lagu sering kali mencerminkan berbagai emosi, seperti kegembiraan, kesedihan, cinta, atau harapan. Mendengarkan lagu-lagu yang sesuai dengan perasaan Anda dapat membantu Anda merasa dipahami dan mendapatkan pelampiasan emosional.

 

Beberapa jenis musik memiliki ritme dan nada yang menenangkan. Mendengarkan musik-musik ini dapat merangsang respon relaksasi dalam tubuh, membantu meredakan stres dan ketegangan.

 

Ketika Anda mendengarkan musik yang Anda nikmati, perhatian Anda teralihkan dari pikiran-pikiran negatif atau kekhawatiran. Ini dapat membantu meredakan kecemasan dan membawa perasaan positif.

 

Musik memiliki kemampuan untuk memicu pelepasan neurotransmitter yang berkaitan dengan suasana hati, seperti dopamin. Lagu-lagu yang menggembirakan dapat meningkatkan mood Anda dan membuat Anda merasa lebih bahagia.

 

Lagu-lagu tertentu dapat terkait dengan kenangan-kenangan yang kuat dalam hidup Anda. Mendengarkan lagu-lagu ini dapat menghidupkan kembali momen-momen berharga dan memberikan perasaan nostalgia yang positif.

 

Lirik dalam lagu sering kali mengandung pesan atau cerita yang mengundang refleksi. Ini bisa membantu Anda merenung tentang hidup, mengatasi tantangan, dan merencanakan masa depan dengan lebih baik.

 

Mendengarkan lagu-lagu yang Anda sukai dapat membantu Anda merasa lebih terhubung dengan budaya, tren, dan bahkan dengan orang lain yang memiliki selera musik serupa.

 

Terlibat dalam musik, seperti bernyanyi atau memainkan alat musik, dapat merangsang fungsi otak dan kognitif. Ini bisa membantu menjaga pikiran tetap tajam dan aktif.

 

Lagu-lagu bisa menjadi pelarian yang positif dari kesibukan atau permasalahan sehari-hari. Mereka menciptakan ruang di mana Anda dapat merasa lebih bebas dan terhubung dengan diri Anda sendiri.

 

Lagu-lagu JKT48 memang banyak disukai orang-orang yang di luar fans JKT48. Salah satunya mungkin Lagu Pesawat Kertas 365 Hari yang merupakan salah satu lagu dari album kedua JKT48. Beberapa penelitian  menceritakan tentang seorang ‘aku’ yang artinya manusia pasti berharap dalam hidupnya dan dipenuhi oleh senyum dan kebahagiaan.

 

Tentunya lagu ini dimaknai dengan dalam hidup pasti selalu ada cobaan, dan ujian sampai membuat seseorang menangis. Walaupun mengalami kesulitan dalam hidup, manusia harus tetap menjalani kehidupan dengan rasa optimis.

 

 

Dalam lagu ini, pencipta lagu menggunakan majas metafora yang menggambarkan hidup manusia layaknya pesawat kertas. Pesawat kertas merupakan mainan yang terbuat dari kertas yang dilipat berbentuk menyerupai pesawat dan dilemparkan oleh anak-anak dengan sekuat tenaga. Jarak yang ditempuh oleh pesawat kertas tergantung pada kekuatan seseorang yang melemparkannya. Begitu juga hidup manusia, tidak tahu kapan akhir dari hidupnya, manusia harus sekuat tenaga dengan segala kemampuannya menghadapi ujian dan cobaan yang ada di hadapannya.

 

Lagu ini disamping memiliki makna kehidupan, juga memiliki nilai-nilai karakter bangsa di dalamnya. Hal ini tidak terlepas dari nilai-nilai budaya Jepang yang melekat pada karya apapun yang berasal dari Jepang. Nilai-nilai budaya Jepang biasanya memuat nilai-nilai bushido. Seperti diungkap oleh Nitobe (2015) bahwa bushido terbagi atas delapan nilai seperti nilai keadilan, nilai keberanian, nilai kebajikan, nilai kesopanan, nilai ketulusan, nilai kehormatan, nilai tanggungjawab pada kesetiaan dan nilai kendali diri.

 

 

Melalui survei yang telah dilakukan penulis untuk mengetahui respons dari beberapa fans yang tergabung dalam grup media sosial Facebook, bagaimana efek positif dari JKT48 bagi kehidupan kita.

 

 

 

Ahmad Syarif:

Kalau gua banyak positifnya si.

Tapi gua lebih sekedar terpengaruh secara mental lewat lagunya ae, bukan dari membernya. Contohnya gua jadi semangat ikut lomba sampe bisa menang, semangat ujian masuk PTN sampe masuk ptn itu dan semangat lain-lainnya gegara denger lagunya doang 😅

 

 

Irsyad Fathul Mufid

banyak ke positif sih, mulai dari lagu nya yang bikin semangat, member member nya yang bikin mood. negatif nya sih, di kantong keknya

 

You Kirin

Have fun melupakan masalah yg ada walau cuma sementara.

 

TlS Upay

Ke positif si kalau dari saya mah Kenal jeketi dari pesawat kertas ,suka karena liriknya tuh dalam dan bikin saya bangkit dari keterpurukan.

 

Ari Ardiansyah

 

Tergantung tujuan ngidol untuk apa. Menikmati musiknya? Mengagumi member2nya? Suka dengan konsep idol? Dari sini kadang-kadang bisa jadi alasan kita untuk melakukan hal yg lain. Misalnya, bikin merchandise non-official, bikin fanbase dan belajar mengorganisir anggotanya, bikin wallpaper atau edit foto (yg estetik, bukan yg aneh2), nulis fanfiction, dll. Intinya kalo mau, ada banyak peluang untuk belajar atau berbisnis.

 

Adhe Lena

bagi gue, JKT48 itu semangat gue untuk lebih fokus ke bidang band, sekarang gue sama temen – temen fokus ciptain lagu sendiri, bisa di cari di youtube JVARA PRODUCTION, rencana kami kalau band kami booming kami bakalan mau ngajak JKT48 collab, maka dari itu kami minta dukungan dari kalian para WOTA!!!

 

Ricco Coo

Walaupun aku wota baru tapi jujur jkt48 sudah mengubah dunia ku yang tadi nya suram jadi ada secercah cahaya terang di depan mata,Karena jkt48 juga skrng aku udah gamau lagi sama yang namanya pacaran disisi lain selalu dibuat sakit hati sama cewe,tapi pas kenal jkt48 tau apa arti dari cinta yang sesungguhnya yaitu melihat oshi bahagia 🙂

 

Setelah melihat tanggapan dari fans-fans JKT48 melalui media sosial Facebook. Dari hasil itu bisa dipastikan bahwa JKT48 bukan hanya sekedar grup musik saja, tapi juga menjadi tempat pulang bagi beberapa fans. Bahkan, melalui beberapa sumber. Banyak orang-orang yang terselamatkan dari bunuh diri setelah mengenal JKT48.

 

 

Tentu, JKT48 membawa efek positif bagi banyak orang. Grup idola ini tidak hanya menghadirkan hiburan musik dan tarian, tetapi juga menciptakan pengalaman sosial, inspirasi, dan rasa komunitas bagi para penggemarnya. Lagu-lagu dan pertunjukan mereka dapat membawa kegembiraan, relaksasi, dan hubungan emosional dengan para penggemar. Selain itu, JKT48 juga memberikan kesempatan bagi anggota dan penggemar untuk belajar tentang kerja tim, usaha keras, dan dedikasi. Namun, seperti halnya dalam segala hal, efek positif ini mungkin bervariasi dari individu ke individu.

Alaku
Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *