Alaku
Alaku
News

Menutup Aurat Wajib Bagi Kaum Muslimah dan Ini Siksa yang Didapat Jika Melanggar Peraturan Allah SWT

×

Menutup Aurat Wajib Bagi Kaum Muslimah dan Ini Siksa yang Didapat Jika Melanggar Peraturan Allah SWT

Sebarkan artikel ini
Menutup Aurat
Menutup Aurat Wajib Bagi Kaum Muslimah dan Ini Siksa yang Didapat Jika Melanggar Peraturan Allah SWT. foto istimewa

Dalam agama Islam, menutup aurat bagi kaum Muslimah merupakan kewajiban yang diatur oleh Allah SWT. Aurat adalah bagian tubuh yang wajib ditutupi, baik di hadapan mahram (kerabat yang diharamkan menikah) maupun non-mahram (orang yang diharamkan menikah). Penerapan aturan menutup aurat ini memiliki tujuan utama untuk menjaga kesucian, kehormatan, dan martabat seorang Muslimah.

 

Dalam artikel ini, kita akan membahas wajibnya menutup aurat bagi kaum Muslimah dan siksa yang didapat jika melanggar peraturan Allah SWT. Jadi, buat kamu yang merasa kaum muslimah baca info dan hadist nya di artikel ini sampai akhir yaa.

 

Menutup aurat bagi kaum Muslimah merupakan salah satu bentuk ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT. Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah An-Nur ayat 31, berfirman: “Dan katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” Allah SWT menjelaskan dengan tegas bahwa wanita yang beriman wajib menutup auratnya, kecuali apa yang biasa terlihat dalam kesehariannya.

 

Aurat bagi kaum Muslimah meliputi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Aurat ini harus ditutupi dengan pakaian yang longgar dan tidak transparan, sehingga tidak memperlihatkan bentuk tubuh secara detail. Selain itu, hijab atau penutup kepala juga merupakan bagian penting dalam menutup aurat. Hijab dapat berupa kerudung, jilbab, atau cadar yang menutupi rambut, leher, dan dada.

 

Melanggar peraturan Allah SWT dalam menutup aurat memiliki konsekuensi yang serius. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surah Al-A’raf ayat 26, “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah (pakaian perhiasan), dan pakaian takwa itu adalah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”

 

Siksa yang didapat bagi mereka yang melanggar peraturan menutup aurat adalah berupa dosa dan peringatan dari Allah SWT. Allah SWT mengetahui segala yang tersembunyi dan menilai hati serta amal perbuatan setiap individu. Melanggar peraturan menutup aurat merupakan pelanggaran terhadap aturan-Nya dan dapat mengurangi keberkahan serta keberhasilan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Selain itu, melanggar peraturan menutup aurat juga dapat memicu godaan dan fitnah dari pihak lain. Kaum Muslimah yang tidak menutup aurat dengan baik dapat menarik perhatian negatif dan mengundang perilaku yang tidak senonoh dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dapat membahayakan kehormatan dan keamanan diri mereka.

 

Dalam rangka menjaga kesucian dan menjalankan ketaatan kepada Allah SWT, kaum Muslimah perlu meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam menutup aurat. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih pakaian yang sesuai dengan aturan syariat Islam, mengenakan hijab dengan benar, dan menghindari pakaian yang terlalu ketat, transparan, atau menarik perhatian negatif.

 

Sebagai Muslimah yang beriman, menutup aurat bukanlah sebuah kewajiban yang memberatkan, tetapi merupakan bagian dari ibadah dan upaya menjaga kesucian diri. Dengan menutup aurat, kaum Muslimah dapat mencapai ketenangan hati, kehormatan diri, dan meraih keridhaan Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita menghayati dan mengamalkan perintah Allah SWT dalam menutup aurat sebagai wujud cinta dan pengabdian kepada-Nya.

 

Menutup aurat dengan baik adalah salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT yang akan mendatangkan pahala besar bagi seorang Muslimah. Dalam agama Islam, Allah SWT memberikan janji-janji yang indah kepada mereka yang menjaga auratnya dengan baik. Berikut adalah beberapa pahala yang dapat kita dapatkan jika menutup aurat:

 

  1. Mendapatkan Rida Allah SWT

Menutup aurat adalah tindakan yang dicintai oleh Allah SWT. Dengan menjaga aurat, kita menunjukkan ketaatan dan pengabdian kepada-Nya. Allah SWT akan meridai kita dan memberikan keberkahan dalam segala aspek kehidupan.

 

  1. Mendapatkan Perlindungan dari Fitnah

Dengan menutup aurat, kita melindungi diri kita sendiri dari godaan dan fitnah yang dapat muncul ketika aurat terbuka. Allah SWT akan memberikan perlindungan kepada mereka yang menjaga auratnya dengan baik, sehingga terhindar dari masalah dan bahaya yang dapat mengancam kehormatan dan martabat diri.

 

  1. Peningkatan Kualitas Ibadah

Menjaga aurat dengan baik juga mempengaruhi kualitas ibadah kita. Ketika kita tahu bahwa aurat kita terjaga, pikiran dan hati kita lebih fokus dalam melaksanakan ibadah, seperti shalat, membaca Al-Qur’an, dan berdzikir. Ibadah kita akan menjadi lebih khushu’ dan penuh kekhusyukan.

 

  1. Diberikan Ketinggian Derajat

Allah SWT akan meninggikan derajat seorang Muslimah yang menjaga auratnya dengan baik di hadapan-Nya. Menjaga aurat merupakan bukti kesadaran akan kehormatan diri sebagai hamba Allah dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama. Allah SWT akan mengangkat derajat kita di dunia dan akhirat.

 

  1. Pembebasan dari Siksa Neraka

Menjaga aurat adalah salah satu cara untuk menjauhkan diri dari dosa-dosa besar yang dapat mengakibatkan siksaan di akhirat, termasuk siksaan Neraka. Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap mata yang menatap (melihat) hal yang haram adalah satu panah yang menembus hati dan panah tersebut tidak akan lepas dari api neraka.”

 

  1. Mendapatkan Keberkahan dalam Hidup

Allah SWT menjanjikan keberkahan bagi mereka yang menjaga auratnya dengan baik. Keberkahan akan terpancar dalam segala aspek kehidupan, seperti rezeki yang halal, keluarga yang harmonis, kesehatan yang baik, dan kesuksesan dalam usaha.

 

Menjaga aurat bukan hanya tentang menutupi bagian tubuh yang wajib ditutupi, tetapi juga tentang menjaga hati dan pikiran dari hal-hal yang dapat membawa kerusakan. Dengan menjaga aurat, kita membentuk kesucian dalam diri dan menjaga kehormatan serta martabat sebagai seorang Muslimah.

Jaga auratmu, selamatkan akhir hidupmu!

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *