Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Mengenal 10 Ciri-Ciri Makhluk Hidup

×

Mengenal 10 Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Sebarkan artikel ini
Mengenal 10 Ciri-ciri Makhluk Hidup
Mengenal 10 Ciri-ciri Makhluk Hidup - foto dok detikedu
Alaku

Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan benda tak hidup. Misalnya, hewan seperti kucing, burung, ikan akan memperlihatkan aktivitas hidupnya. Begitu pula dengan tumbuhan dan tentunya kita sebagai manusia.

Meski begitu, manusia, hewan dan tumbuhan memiliki perbedaan dalam menjalankan aktivitas dan cara bertahan hidup. Yuk, ketahui apa saja ciri-ciri dari makhluk hidup.

Alaku

Mahluk hidup adalah organisasi kompleks yang terdiri dari satu atau lebih sel yang memiliki sifat-sifat seperti pertumbuhan, perkembangan, reproduksi, respons terhadap lingkungan, dan kemampuan untuk beradaptasi. Mahluk hidup dikelompokkan menjadi lima kerajaan, yaitu Monera (bakteri), Protista (organisme uniseluler), Fungi (jamur), Plantae (tumbuhan), dan Animalia (hewan).

Mahluk hidup tersusun dari sel, yang merupakan unit dasar kehidupan, dan selanjutnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu prokariotik (tanpa inti sel) dan eukariotik (dengan inti sel). Sel memiliki struktur yang kompleks, termasuk berbagai organel seperti nukleus, mitokondria, dan ribosom, yang melakukan fungsi-fungsi penting dalam menjaga kehidupan.

Selain itu, mahluk hidup juga memiliki berbagai tingkatan organisasi, mulai dari tingkat sel, jaringan, organ, sistem organ, hingga individu. Mereka juga memiliki beragam cara untuk mendapatkan energi, baik melalui fotosintesis (pada tumbuhan) atau konsumsi makanan (pada hewan).

Mahluk hidup selalu berinteraksi dengan lingkungannya. Mereka dapat merespons perubahan dalam lingkungan, termasuk adaptasi untuk bertahan hidup dalam kondisi yang berubah. Reproduksi adalah fitur kunci mahluk hidup yang memungkinkan mereka untuk berkembang biak dan mempertahankan spesies mereka.
Keseluruhan, mahluk hidup adalah entitas yang sangat kompleks dan beraneka ragam, yang terus berinteraksi dengan lingkungan mereka untuk mempertahankan kehidupan.

Makhluk hidup memiliki banyak ciri-ciri yang membedakannya dari benda mati. Berikut adalah 10 ciri-ciri makhluk hidup beserta penjelasannya versi lengkap:
1. Organisasi Seluler
Makhluk hidup terdiri dari satu atau lebih sel. Sel adalah unit dasar kehidupan yang memiliki struktur dan fungsi tertentu. Sel-sel ini bekerja bersama untuk menjalankan fungsi organisme.
2. Reproduksi
Makhluk hidup memiliki kemampuan untuk berkembang biak, baik melalui reproduksi seksual (melibatkan dua orang tua) maupun reproduksi aseksual (tanpa melibatkan dua orang tua). Reproduksi memungkinkan keturunan dan kelangsungan jenis.
3. Respon Terhadap Lingkungan
Makhluk hidup dapat merespons perubahan dalam lingkungannya. Mereka memiliki sistem sensorik yang memungkinkan mereka untuk merasakan perubahan-perubahan ini dan bereaksi sesuai.
4. Metabolisme
Makhluk hidup memiliki metabolisme, yang merupakan serangkaian reaksi kimia yang memungkinkan mereka untuk mengubah makanan menjadi energi yang digunakan untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh.
5. Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan sepanjang siklus hidup mereka. Ini mencakup tahap-tahap seperti bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa.
6. Homeostasis
Makhluk hidup dapat menjaga keseimbangan internal dalam tubuh mereka, yang disebut homeostasis. Ini memungkinkan mereka untuk berfungsi dengan baik dalam berbagai kondisi lingkungan.
7. Adaptasi
Makhluk hidup dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Ini dapat terjadi melalui perubahan-perubahan dalam perilaku atau sifat-sifat fisik dari generasi ke generasi.
8. Iritabilitas
Makhluk hidup dapat merespons rangsangan dari lingkungannya. Misalnya, tanaman bisa merespons cahaya dengan mengarahkan pertumbuhan mereka ke sumber cahaya.
9. Evolusi
Makhluk hidup mengalami evolusi melalui perubahan genetik dalam populasi mereka dari generasi ke generasi. Ini memungkinkan adaptasi jangka panjang terhadap lingkungan.
10. Kematian
Makhluk hidup memiliki siklus hidup yang mencakup kematian. Kematian adalah bagian alami dari siklus kehidupan yang memberikan peluang bagi generasi baru untuk berkembang.
Ciri-ciri ini merupakan karakteristik utama yang membedakan makhluk hidup dari benda mati dan merupakan dasar bagi studi ilmu kehidupan atau biologi. Semua ciri-ciri ini bekerja bersama-sama untuk menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup di planet ini.

Alaku
Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *