Alaku
Alaku
News

Manfaat Luar Biasa Buah Naga dan Resep Bubur Susu Buah Naga yang Lezat

×

Manfaat Luar Biasa Buah Naga dan Resep Bubur Susu Buah Naga yang Lezat

Sebarkan artikel ini
Manfaat Luar Biasa Buah Naga dan Resep Bubur Susu Buah Naga yang Lezat
Manfaat Luar Biasa Buah Naga dan Resep Bubur Susu Buah Naga yang Lezat - foto dok cookpad com

Buah naga, juga dikenal sebagai pitaya, adalah buah yang berasal dari kaktus genus Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini terkenal karena memiliki warna yang menarik dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat buah naga:

1. Kaya akan nutrisi
Buah naga mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin B, vitamin A, serat, zat besi, dan magnesium. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan Anda.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

3. Mendukung kesehatan jantung
Buah naga mengandung serat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga mendukung kesehatan jantung. Selain itu, kandungan kalium dalam buah naga juga membantu menjaga tekanan darah normal.

4. Mengontrol gula darah
Buah naga memiliki indeks glikemik rendah, sehingga cocok untuk penderita diabetes. Seratnya juga membantu mengontrol kadar gula darah.

5. Menyehatkan pencernaan
Serat dalam buah naga dapat membantu meningkatkan pencernaan Anda dan mencegah sembelit. Ini juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

6. Mengandung antioksidan
Buah naga mengandung antioksidan seperti betasianin yang melawan radikal bebas dalam tubuh, membantu mencegah kerusakan sel, dan potensial untuk mengurangi risiko kanker.

7. Meningkatkan kesehatan kulit
Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam buah naga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, mengurangi tanda penuaan, dan meningkatkan kecerahan kulit.

8. Mendukung pertumbuhan rambut
Buah naga mengandung vitamin B kompleks yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

9. Menjaga berat badan yang sehat
Kandungan serat dalam buah naga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengendalikan nafsu makan dan mendukung program penurunan berat badan.

10. Meningkatkan kesehatan tulang
Kandungan magnesium dan fosfor dalam buah naga dapat membantu menjaga kesehatan tulang yang baik.

11. Menyegarkan tubuh
Buah naga memiliki rasa yang segar dan melembapkan, sehingga cocok untuk dikonsumsi dalam cuaca panas.

12. Meningkatkan energi
Kandungan karbohidrat dan gula alami dalam buah naga dapat memberikan energi instan, menjadikannya camilan sehat.

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya, buah naga dapat menjadi tambahan yang baik dalam diet Anda untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Pastikan untuk mengonsumsinya secara teratur dan sebagai bagian dari pola makan seimbang.

Tentu, berikut adalah resep lengkap untuk membuat bubur susu buah naga:
Bahan-bahan:

• 1 buah buah naga, potong dadu kecil
• 1 cangkir beras
• 4 cangkir air
• 2 cangkir susu
• 1/2 cangkir gula pasir (atau sesuai selera)
• 1/2 sendok teh garam
• 1 sendok teh vanili ekstrak (opsional)
• Es batu (opsional)
• Topping tambahan seperti potongan buah naga, almon, atau biji selasih (opsional)
Langkah-langkah:

• Cuci dan Rendam Beras
Cuci beras dengan baik hingga airnya jernih. Kemudian, rendam beras dalam air selama sekitar 30 menit. Setelah itu, tiriskan.

• Rebus Beras
Tuang beras yang sudah direndam ke dalam panci bersama dengan 4 cangkir air. Rebus beras dengan api sedang hingga airnya mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan berasnya mendidih perlahan selama sekitar 15-20 menit hingga beras menjadi lunak dan mengental. Aduk sesekali agar beras tidak lengket.

• Tambahkan Susu
Setelah beras matang, tambahkan susu ke dalam panci. Anda bisa menggunakan susu biasa atau susu almond, tergantung pada preferensi Anda. Aduk rata.

• Tambahkan Gula dan Garam
Tambahkan gula pasir dan garam ke dalam campuran beras dan susu. Sesuaikan jumlah gula sesuai dengan selera Anda. Aduk rata dan biarkan campuran mendidih perlahan selama beberapa menit sambil terus diaduk.

• Tambahkan Buah Naga
Setelah bubur mencapai konsistensi yang Anda inginkan, tambahkan potongan buah naga ke dalamnya. Biarkan buah naga sedikit melunak dalam panas bubur, sekitar 2-3 menit.

• Tambahkan Vanili (Opsional)
Jika Anda ingin memberikan aroma vanili pada bubur, tambahkan ekstrak vanili pada saat ini. Aduk rata.

• Sajikan
Angkat panci dari kompor. Bubur susu buah naga siap disajikan. Jika Anda suka, tambahkan es batu untuk membuatnya lebih segar.

• Hias dengan Topping (Opsional)
Anda dapat menambahkan potongan buah naga tambahan, almond cincang, atau biji selasih sebagai topping untuk memberikan tampilan dan rasa yang lebih menarik.

Sekarang, Anda telah berhasil membuat bubur susu buah naga yang lezat dan segar. Selamat mencoba!

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *