Alaku
Alaku
News

Makanan Penurun Kolesterol Beserta Daftar Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Olahan Daging saat Hari Raya Qurban

×

Makanan Penurun Kolesterol Beserta Daftar Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Olahan Daging saat Hari Raya Qurban

Sebarkan artikel ini
Makanan Penurun Kolesterol
5 Makanan Penurun Kolesterol Beserta Daftar Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Olahan Daging saat Hari Raya Qurban - foto alpukat / dok alaku

Hari Raya Qurban merupakan waktu yang spesial di mana kita seringkali menyantap hidangan daging olahan bersama keluarga dan teman-teman. Namun, konsumsi daging olahan yang tinggi dapat berdampak pada kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. Kita akan membahas 5 makanan penurun kolesterol beserta daftar minuman yang baik dikonsumsi setelah makan olahan daging saat Hari Raya Qurban.

Dikutip dari detikcom, Kolesterol sendiri terbagi atas dua jenis, yakni kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL). HDL berguna membawa LDL ke hati untuk diproses dan dibuang melalui urine atau kandung empedu.

Kolesterol total umumnya tidak boleh melebihi 200 mg/dL. Jika kadarnya tersebut dibiarkan, seiring waktu bisa memicu aterosklerosis, yaitu penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak. Akibatnya, muncul komplikasi fatal lain, seperti stroke dan gangguan jantung.

Agar tetap menjaga kesehatan jantung dan mengendalikan kadar kolesterol, berikut adalah lima makanan penurun kolesterol yang dapat Anda tambahkan ke menu setelah makan olahan daging saat Hari Raya Qurban.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Tambahkan irisan alpukat ke salad sayuran atau nikmati sebagai camilan sehat setelah makan daging olahan.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber serat larut yang baik dan dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol di dalam tubuh. Konsumsi oatmeal sebagai sarapan atau camilan sehat setelah makan daging olahan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang tanah kaya akan lemak sehat, serat, dan antioksidan. Makanan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Nikmati segenggam kacang-kacangan sebagai camilan sehat setelah makan daging.

  1. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan makarel mengandung asam lemak omega-3, yang dikenal dapat mengurangi kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL. Sajikan hidangan ikan berlemak yang dipanggang atau direbus sebagai alternatif sehat setelah makan daging olahan.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale mengandung serat tinggi dan senyawa tumbuhan yang disebut sterol. Sterol ini dapat membantu menghambat penyerapan kolesterol dari makanan dan membantu menurunkan kadar kolesterol total. Tambahkan sayuran hijau sebagai porsi sampingan setelah makan daging olahan.

Selain menambahkan makanan penurun kolesterol ini ke menu setelah makan daging olahan, penting juga untuk tetap menjaga pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Batasi konsumsi makanan olahan, makanlah lebih banyak buah-buahan dan sayuran segar, serta jangan lupakan pentingnya melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Dengan menggabungkan pilihan makanan yang tepat dengan kebiasaan hidup sehat, Anda dapat menjaga kadar kolesterol dalam batas yang sehat dan menikmati hidangan lezat di Hari Raya Qurban tanpa khawatir akan dampak buruk bagi kesehatan jantung Anda.

Setelah makan olahan daging, memilih minuman yang tepat juga penting untuk menjaga kesehatan dan membantu mengurangi dampak kolesterol yang tinggi. Berikut adalah beberapa minuman yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol, yang merupakan senyawa antioksidan kuat. Senyawa ini dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung. Teh hijau juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membantu dalam proses pembakaran lemak. Minumlah secangkir teh hijau hangat setelah makan daging olahan.

  1. Jus Buah Segar

Jus buah segar, terutama jus jeruk atau jus anggur merah, mengandung flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung. Flavonoid dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Pastikan untuk memilih jus buah tanpa tambahan gula, dan lebih baik mengonsumsinya dalam bentuk segar dan tanpa saringan.

  1. Air Lemon

Air lemon hangat atau air lemon infused adalah minuman yang menyegarkan dan dapat membantu memperlancar pencernaan. Lemon mengandung pektin, serat larut yang dapat membantu mengikat kolesterol dan mengurangi penyerapannya. Tambahkan irisan lemon ke dalam air hangat dan minumlah setelah makan daging olahan.

  1. Air Kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit alami dan rendah kalori. Minuman ini dapat membantu menjaga hidrasi dan memberikan sensasi segar setelah makan daging olahan. Air kelapa juga mengandung potasium, yang penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan kesehatan jantung.

Selain memilih minuman yang tepat, penting juga untuk menghindari minuman manis yang mengandung gula tambahan, seperti minuman bersoda atau jus buah yang sudah dikemas. Minuman ini dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung. Selalu ingat untuk memilih minuman yang sehat, seperti air putih, sebagai minuman utama Anda sepanjang hari.

Dengan memilih minuman yang tepat setelah makan olahan daging, Anda dapat membantu menjaga kesehatan dan mengurangi dampak kolesterol yang tinggi. Tetaplah memperhatikan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan untuk mendukung kesehatan jantung Anda.

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *