Alaku
Alaku
News

Loker MAGENTA BUMN? Yuk Simak Penjelasannya! Bagikan ke Pencari Kerja Ya!

×

Loker MAGENTA BUMN? Yuk Simak Penjelasannya! Bagikan ke Pencari Kerja Ya!

Sebarkan artikel ini
MAGENTA BUMN
Loker MAGENTA BUMN? Yuk Simak Penjelasannya! Bagikan ke Pencari Kerja Ya! - foto screenshot Magenta BUMN

Untuk kamu yang sedang mencari kesempatan magang sebagai mahasiswa atau fresh graduate, ada situs bernama Magenta BUMN yang bisa kamu kunjungi. Program ini merupakan kerjasama antara Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dengan BUMN di Indonesia. Mereka memberikan peluang magang kepada mahasiswa dan fresh graduate, baik yang lulusan dalam negeri maupun luar negeri.

Jadi, jika kamu tertarik untuk mendapatkan pengalaman magang melalui BUMN, kamu bisa mencoba mendaftar di situs ini. Kamu dapat mengecek lowongan magang yang tersedia, jadwalnya, serta cara mendaftarnya. Magenta BUMN bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan lulusan untuk bekerja dan menerapkan ilmu yang mereka dapatkan selama kuliah.

Apakah kamu tertarik untuk mendaftar program Magenta BUMN? Situs Magenta FHCI BUMN menyediakan berbagai lowongan magang untuk mahasiswa dan fresh graduate. Berikut beberapa contoh lowongan yang tersedia:

  1. Magang Spesialis Media Sosial (Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara)

– Durasi Magang: 1 Agustus 2023 – 31 Januari 2024

– Penutupan Lamaran: 21 Juli 2023

– Jenjang Pendidikan: S1 Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Multimedia Jurnalisme, IPK minimal 3.00.

  1. Magang Pengembang Web Full Stack (Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara)

– Durasi Magang: 24 Juli 2023 – 24 Januari 2024

– Penutupan Lamaran: 14 Juli 2023

– Jenjang Pendidikan: S1 Desain Grafis, Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komputer, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, Manajemen Pemasaran, Teknik Multimedia, Teknik Informatika, Komunikasi dan Penyiaran, Multimedia Jurnalisme, Periklanan, IPK minimal 3.00.

  1. Magang Informatics & Design (PT Petrokimia Gresik)

– Durasi Magang: 1 Agustus 2023 – 31 Januari 2024

– Penutupan Lamaran: 18 Juli 2023

– Jenjang Pendidikan: S1 Desain Komunikasi Visual, Sistem Informasi, Teknik Informatika, IPK minimal 3.00.

  1. Magang Pemasaran (PT Petrokimia Gresik)

– Durasi Magang: 1 Agustus 2023 – 31 Januari 2024

– Penutupan Lamaran: 18 Juli 2023

– Jenjang Pendidikan: S1 Manajemen Pemasaran, IPK minimal 3.00.

  1. Magang Hukum (PT Petrokimia Gresik)

– Durasi Magang: 1 Agustus 2023 – 31 Januari 2024

– Penutupan Lamaran: 18 Juli 2023

– Jenjang Pendidikan: S1 Ilmu Hukum, IPK minimal 3.00.

Itu hanyalah beberapa contoh lowongan yang tersedia di Magenta BUMN. Kamu bisa membuka situs Magenta FHCI BUMN untuk informasi lengkap tentang lowongan magang yang ada. Terdapat alur magang yang meliputi tahapan registrasi, administrasi, pelaksanaan magang, dan sertifikasi. Untuk mendaftar, kamu perlu membuat akun di situs tersebut, melengkapi data pribadi, dan memilih lowongan magang yang sesuai dengan minat dan jurusanmu.

Selain itu, Magenta BUMN juga menawarkan beberapa jenis program magang, seperti magang umum, magang santri, Kampus Merdeka @BUMN, dan Indonesia Global Talent Internship. Kamu bisa kunjungi Magenta BUMN di sini atau di magenta.fhcibumn.com.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam persiapan dan meningkatkan peluang Anda untuk lolos tes BUMN:

  1. Riset yang Mendalam: Lakukan riset yang komprehensif tentang BUMN yang Anda minati. Pelajari struktur organisasi, visi dan misi, program-program utama, serta proyek-proyek terkini yang sedang mereka lakukan. Ini akan membantu Anda memahami tujuan dan kebutuhan BUMN tersebut.
  2. Persiapkan Diri Secara Mendalam: Mempersiapkan diri dengan baik adalah kunci keberhasilan dalam tes BUMN. Tinjau kembali materi pelajaran yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, baik dari aspek teknis maupun non-teknis. Jika ada tes tertulis atau keterampilan khusus yang diuji, pastikan Anda berlatih dengan contoh-contoh soal terkait.
  3. Perhatikan Persyaratan dan Kualifikasi: Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan dan kualifikasi yang ditetapkan oleh BUMN. Bacalah dengan cermat instruksi yang terdapat dalam pengumuman lowongan, termasuk persyaratan pendidikan, pengalaman kerja, dan kemampuan khusus. Pastikan CV dan surat lamaran Anda sesuai dengan persyaratan tersebut.
  4. Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris: Banyak tes BUMN menguji kemampuan Bahasa Inggris, baik melalui tes tertulis maupun wawancara. Tingkatkan kemampuan Anda dalam membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara Bahasa Inggris. Anda dapat memanfaatkan sumber daya online, seperti buku, kursus, atau aplikasi seluler untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda.
  5. Berlatih dengan Soal-soal Ujian: Cari tahu jenis-jenis tes yang umumnya digunakan dalam seleksi BUMN, seperti tes wawasan kebangsaan, tes kepribadian, tes logika, atau tes psikotes. Temukan contoh-contoh soal dan berlatih secara rutin untuk mengasah kemampuan Anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
  6. Tingkatkan Keterampilan Soft Skills: BUMN sering kali mencari kandidat dengan keterampilan sosial dan kepemimpinan yang baik. Tingkatkan keterampilan komunikasi, kerja tim, kepemimpinan, dan kemampuan beradaptasi. Sertakan pengalaman-pengalaman yang relevan dalam CV atau saat menjawab pertanyaan dalam wawancara.
  7. Jaga Kondisi Fisik dan Mental: Tetaplah sehat, teratur makan, dan istirahat yang cukup selama proses seleksi. Jaga kepercayaan diri Anda dan atasi kecemasan dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin.
  8. Simulasi dan Pelatihan: Jika tersedia, ikuti pelatihan atau program simulasi khusus untuk menghadapi tes BUMN. Pelatihan ini dapat membantu Anda memahami format dan tipe pertanyaan yang mungkin muncul dalam tes seleksi BUMN.

Selain itu, selalu perhatikan tenggat waktu pendaftaran dan persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan baik. Jangan lupa untuk mempelajari informasi terkait proses seleksi dan tahapan yang harus diikuti.

Ingatlah bahwa persaingan untuk mendapatkan posisi di BUMN bisa sangat ketat, jadi bersiaplah dengan baik, berlatih, dan tetaplah termotivasi. Semoga berhasil dalam menghadapi tes BUMN!

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *