Alaku
Alaku
News

Kombes Darmanto Raih Penghargaan Hoegeng Awards 2023 sebagai Polisi Berintegritas

×

Kombes Darmanto Raih Penghargaan Hoegeng Awards 2023 sebagai Polisi Berintegritas

Sebarkan artikel ini
Kombes Darmanto
Kombes Darmanto Raih Penghargaan Hoegeng Awards 2023 sebagai Polisi Berintegritas - foto dok detik

Kombes Darmanto telah berhasil meraih penghargaan Hoegeng Awards 2023 dalam kategori Polisi Berintegritas. Kepala Bagian Pendidikan dan Latihan Sekolah Pembentukan Perwira (Kabagdiklat Setukpa) di Sukabumi, Jawa Barat ini menegaskan bahwa penghargaan yang diterimanya bukanlah hasil dari perlombaan.

Kombes Darmanto menyatakan, “Ini menang gimana ya kan kita nggak pernah berlomba. Kita nggak pernah berlomba tahu-tahu dinyatakan menang.” Pernyataan ini disampaikannya di The Tribrata, Jakarta Selatan, pada Jumat (14/7/2023).

Dalam perjalanan kariernya, Kombes Darmanto menjalankan tugas-tugasnya dengan fokus sesuai aturan hukum. Ia tidak memikirkan untuk mendapatkan penilaian baik dari orang lain. Meski mendapat pujian dari sesama senior, ia tetap berpegang pada prinsip melaksanakan tugas yang menjadi kewajibannya. Ia menjelaskan, “Hanya melaksanakan pekerjaan sesuai kewajibannya. Yang harus dikerjakan, kerjakan.”

Kombes Darmanto juga menambahkan bahwa penghargaan yang diterimanya merupakan hasil dari konsistensi menjalankan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Ia berpendapat bahwa penghargaan tersebut hanya merupakan bagian dari kewajiban yang dilaksanakan sesuai aturan, dan bukanlah sebuah perlombaan. Ia tidak memiliki niat untuk dianggap baik oleh orang lain, namun ternyata karena kesetiaannya dalam menjalankan tugas sesuai aturan, ia dilihat sebagai sosok yang patut ditiru.

Penghargaan Hoegeng Awards 2023 diberikan kepada Kombes Darmanto oleh mantan Plt Pimpinan KPK, Dr. Mas Achmad Santosa, S.H., LL.M. Trofi penghargaan diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, didampingi oleh Chairman of CT Corp, Chairul Tanjung.

Kombes Darmanto telah menjadi contoh teladan dalam dunia kepolisian. Ia menolak kesempatan sekolah jenderal dan jabatan yang dianggap bergengsi, serta memilih untuk mengajar di Setukpa. Sikapnya yang hidup secara sederhana, meski berstatus sebagai pejabat Polri, juga menjadi salah satu alasan mengapa ia terpilih sebagai Polisi Berintegritas. Ia bahkan menolak menerima uang operasional ketika tidak terlibat dalam suatu kegiatan di Polri, karena ia meyakini bahwa materi atau kekayaan tidak menjadi patokan untuk hidup bahagia. Kombes Darmanto percaya bahwa jabatan tinggi tidak menjamin kebahagiaan.

Hoegeng Awards 2023 merupakan program yang mencari sosok polisi teladan. Salah satu kategori dalam Hoegeng Awards 2023 adalah Polisi Berintegritas. Sebelum Kombes Darmanto, terdapat tiga kandidat lainnya dalam kategori tersebut, yaitu Kombes Riyadi Nugroho, Karo SDM Polda Lampung, Irjen Chrysnanda Dwilaksana, Kasespim Lemdiklat Polri, dan Kombes Darmanto, Kabag Diklat Setukpa.

Dengan keberhasilan yang diraih oleh Kombes Darmanto, diharapkan Hoegeng Awards dapat menjadi motivasi bagi Polri dan masyarakat untuk menghargai dan mengikuti jejak polisi berprestasi. Penghargaan ini juga diharapkan dapat mendorong Polri dalam mengembangkan karier polisi yang berintegritas.

Keberhasilan Kombes Darmanto dalam meraih penghargaan Hoegeng Awards 2023 sebagai Polisi Berintegritas adalah bukti nyata atas dedikasi dan komitmennya dalam menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Prestasi ini seharusnya menjadi inspirasi bagi seluruh anggota kepolisian dan masyarakat untuk menghargai dan mengikuti jejak polisi yang berintegritas.

Darmanto telah menunjukkan sikap yang patut ditiru dengan menolak kesempatan-kesempatan bergengsi demi mengabdi di Sekolah Pembentukan Perwira dan hidup secara sederhana. Dalam menjalankan tugasnya, ia selalu mengutamakan aturan dan menjaga integritasnya sebagai polisi. Sikapnya yang tulus dan dedikasinya yang tinggi harus menjadi contoh bagi seluruh anggota kepolisian.

Harapannya, prestasi yang diraih oleh Kombes Darmanto akan memicu semangat pengabdian yang lebih besar bagi dirinya dan anggota kepolisian lainnya. Dengan kepemimpinan yang baik dan keteladanan yang ia tunjukkan, diharapkan dapat mendorong terbentuknya generasi polisi yang berintegritas dan berkomitmen untuk melindungi dan melayani masyarakat.

Selain itu, diharapkan Kombes Darmanto dapat terus mengembangkan diri dan memberikan kontribusi positif yang lebih besar dalam penegakan hukum dan menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat. Melalui dedikasinya, ia dapat menjadi teladan bagi anggota kepolisian lainnya dan membangun citra positif polisi di mata masyarakat.

Terakhir, harapannya adalah semoga Kombes Darmanto dapat terus mendapatkan dukungan dan apresiasi yang layak dari institusi kepolisian, pimpinan, dan masyarakat. Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan ia semakin termotivasi dan bersemangat dalam melaksanakan tugasnya sebagai polisi yang berintegritas. Semoga pengabdian dan dedikasi Kombes Darmanto dapat terus memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan memberikan inspirasi kepada generasi penerus dalam menjalankan tugas kepolisian dengan integritas dan dedikasi yang tinggi.

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *