Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Jurusan Tata Boga: Pengertian, Prospek Kerja dan Rekomendasi Kampusnya

×

Jurusan Tata Boga: Pengertian, Prospek Kerja dan Rekomendasi Kampusnya

Sebarkan artikel ini
Jurusan Tata Boga: Pengertian, Prospek Kerja dan Rekomendasi Kampusnya
Jurusan Tata Boga: Pengertian, Prospek Kerja dan Rekomendasi Kampusnya - foto dok bimbelindonesia
Alaku

Tata boga merupakan istilah yang terkait dengan memasak. Oleh karena itu, lulusan jurusan tata boga dipersiapkan untuk menjadi ahli dalam industri kuliner.
Ketahui lebih dalam tentang pengertian hingga peluang karir dari jurusan tata boga berikut ini.

Tata boga adalah bidang yang berkaitan dengan ilmu dan seni memasak serta pengolahan makanan. Secara lebih spesifik, tata boga melibatkan pengetahuan tentang berbagai bahan makanan, teknik memasak, serta penyajian makanan yang sehat, enak, dan menarik secara visual. Orang yang memiliki pendidikan atau pelatihan dalam tata boga sering disebut sebagai juru masak atau koki.

Alaku

Bidang tata boga mencakup berbagai aspek, termasuk
• Pemilihan Bahan Makanan: Memahami jenis-jenis bahan makanan, kualitasnya, serta cara memilih yang terbaik untuk berbagai jenis hidangan.

• Pengolahan Bahan Makanan: Mengenal teknik-teknik memotong, mencincang, mengiris, dan mengolah bahan makanan mentah sehingga dapat diolah menjadi hidangan yang siap disajikan.

• Teknik Memasak: Mengerti berbagai metode memasak seperti merebus, menggoreng, memanggang, mengukus, dan lain-lain. Ini juga melibatkan pemahaman tentang suhu dan waktu memasak yang tepat.

• Kreativitas dalam Penyajian: Menciptakan tampilan visual yang menarik dan estetis dalam penyajian makanan, termasuk penggunaan warna, tekstur, dan presentasi yang menarik.

• Kesehatan dan Keamanan: Memahami prinsip-prinsip kebersihan dan keamanan pangan untuk mencegah kontaminasi dan penyakit terkait pangan.

• Pengembangan Resep: Merancang dan mengembangkan resep-resep baru yang unik dan lezat, seringkali dengan menggabungkan bahan-bahan yang berbeda.

• Manajemen Dapur: Pengelolaan waktu, sumber daya, dan tenaga kerja dalam kegiatan memasak yang efisien.

Lulusan jurusan tata boga memiliki beragam peluang kerja di berbagai sektor industri. Berikut adalah beberapa prospek kerja yang mungkin tersedia bagi lulusan jurusan tata boga

1. Industri Perhotelan dan Restoran:
Banyak lulusan tata boga yang memilih untuk bekerja di industri perhotelan, seperti hotel dan restoran. Mereka bisa menjadi koki, sous chef, atau bahkan chef eksekutif yang bertanggung jawab atas menu dan operasional dapur.

2. Katering dan Kuliner:
Banyak perusahaan katering memerlukan ahli tata boga untuk menyajikan makanan dalam berbagai acara, dari pernikahan hingga acara korporat. Lulusan tata boga juga dapat membuka bisnis kuliner sendiri, seperti kafe, kedai makanan, atau usaha katering.

3. Pendidikan dan Pelatihan:
Lulusan tata boga dapat menjadi instruktur atau pengajar dalam lembaga-lembaga pendidikan kuliner, sekolah memasak, atau pusat pelatihan. Mereka dapat berbagi pengetahuan dan keterampilan mereka dengan calon koki atau penggemar masakan.

4. Industri Makanan dan Minuman:
Lulusan tata boga dapat bekerja di perusahaan makanan dan minuman, terlibat dalam pengembangan resep baru, inovasi produk, dan peningkatan kualitas makanan.

5. Industri Penerbitan dan Media:
Ada peluang di media kuliner, seperti menjadi food writer, food blogger, atau host acara masak di televisi atau platform digital.

6. Perusahaan Kapal Pesiar:
Industri kapal pesiar membutuhkan juru masak yang terampil untuk menyediakan berbagai hidangan bagi para penumpang. Ini dapat menjadi pengalaman yang menarik bagi lulusan tata boga yang suka bekerja di lingkungan berbeda.

7. Pengembangan Produk:
Lulusan tata boga dapat bekerja dalam pengembangan produk makanan dan minuman untuk perusahaan makanan besar atau start-up. Mereka dapat terlibat dalam menciptakan makanan inovatif atau menyempurnakan produk yang sudah ada.

8. Konsultan Kuliner:
Lulusan tata boga yang berpengalaman dapat menjadi konsultan kuliner yang memberikan saran tentang konsep restoran, pengembangan menu, dan manajemen dapur.

Dengan pertumbuhan industri perhotelan, kuliner, dan makanan yang terus berkembang, prospek kerja bagi lulusan jurusan tata boga masih cukup menjanjikan. Namun, persaingan juga bisa menjadi tinggi, jadi memiliki keterampilan yang kuat dan kemampuan kreatif dapat membantu lulusan untuk berhasil dalam karier mereka.

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Tata Boga
Perguruan tinggi negeri dan swasta banyak yang menyediakan jurusan tata boga. Adapun beberapa contoh perguruan tinggi yang ada jurusan tata boga di Indonesia antara lain:

1. Universitas Negeri Malang (UNM) – S1 Pendidikan Tata Boga dan D4 Program Studi Tata Boga

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) – S1 Pendidikan Tata Boga

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) – S1 Pendidikan Teknik Boga dan S1 Teknik Boga

4. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) – S1 Pendidikan Tata Boga

5. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) – S1 Tata Boga

6. Politeknik Internasional Bali – D3 Seni Kuliner

7. Tristar Culinary Institute – D1 Culinary Art, D1 Baking and Pastry Art, serta Culinary Business

8. The Sages Institute International – D3 Seni Kuliner

Alaku
Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *