Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Jelang AFF U-23, PSSI: Pentingnya Turnamen Piala AFF U-23

×

Jelang AFF U-23, PSSI: Pentingnya Turnamen Piala AFF U-23

Sebarkan artikel ini
Jelang AFF U-23, PSSI: Pentingnya Turnamen Piala AFF U-23
Jelang AFF U-23, PSSI: Pentingnya Turnamen Piala AFF U-23 - foto dok bolanet

Kini Timnas Indonesia U-23 akan segera bertanding di Piala AFF U-23 2023. Tim yang berstatus juara SEA Games 2023 kali ini bakal ditangani oleh Shin Tae-yong.
Dan Garuda Muda masuk Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste pada turnamen yang akan digelar di Thailand pada 17 – 26 Agustus ini. Kini Malaysia akan menjadi lawan pertama pada 18 Agustus, dua hari kemudian giliran Timor Leste yang akan menjadi lawannya.

Dan Tak banyak waktu persiapan yang dilakukan Timnas U-23 untuk pertandingan ajang ini. Shin Tae-yong baru mengumpulkan pemain dalam Pemusatan Latihan (TC) di Jakarta pada 10 Agustus, mundur dua hari dari rencana awal yakni 8 Agustus.

PSSI Tegaskan Pentingnya Turnamen Piala AFF U-23 ini.
Dengan persiapan yang pendek ini, Timnas U-23 juga dihadapi masalah bentrok jadwal Piala AFF U-23 dengan Liga 1 2023/24. Beberapa klub menolak melepas pemainnya yang dipanggil ke Timnas U-23, dilangsir detikcom.

Namun Setidaknya ada empat perubahan nama pada daftar 23 pemain yang akan dipanggil Shin Tae-yong sebagaimana dirilis PSSI pada 8 Agustus. Fajar Fathur Rahman, Adi Satryo, Rizky Ridho, dan Dzaki Asraf, dan akhirnya mereka tak memenuhi panggilan ini.

Dan Timnas U-23 pun berangkat ke Thailand pada, Senin (14/8), dengan komposisi 23 pemain. Empat pemain baru dipanggil yakni Titan Agung, Nuri Agus, Mohammad Kanu, Haykal Alhafiz, sebagai pengganti empat pemain yang tak bisa memenuhi panggilan kemarin.

Squad List Piala AFF U-23 Champions 2023

Penjaga Gawang:
1. NURI AGUS
2. ERNANDO
3. DAFFA

Pemain Belakang:
1. BAGAS
2. FRENGKY
3. KOMANG
4. AREL
5. HAYKAL
6. FERARRI
7. DEWANGGA

Pemain Tengah:
1. KANU
2. ROBI
3. BECKHAM
4. ARKHAN
5. KELLY
6. TUHAREA
7. ESAL
8. RIFKY

PENYERANG:
1. SANANTA
2. RAGIL
3. RAHMAN
4. JAUHARI
5. TITAN

Piala AFF, yang juga dikenal sebagai Kejuaraan Sepak Bola ASEAN, adalah turnamen sepak bola antar negara-negara anggota Asosiasi Sepak Bola ASEAN (ASEAN Football Federation atau AFF). Berikut adalah informasi tentang berdirinya Piala AFF

• Awal Mula:

Piala AFF pertama kali diadakan pada tahun 1996. Tujuan utama dari turnamen ini adalah untuk meningkatkan perkembangan sepak bola di kawasan Asia Tenggara dan mempromosikan kerjasama di antara negara-negara anggota ASEAN.

• Format Awal:

Pada awalnya, Piala AFF diadakan sebagai turnamen sepak bola regional dengan tim nasional dari negara-negara ASEAN. Format turnamen tersebut melibatkan beberapa tahap kompetisi, termasuk babak penyisihan grup dan babak gugur.

• Pengembangan dan Perubahan Format:

Seiring berjalannya waktu, format dan struktur Piala AFF mengalami beberapa perubahan. Termasuk di antaranya adalah perubahan dalam jumlah tim peserta, format kompetisi, dan periode penyelenggaraan.

• Peserta dan Pertandingan:

Piala AFF melibatkan tim-tim nasional sepak bola dari negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Tim peserta bersaing untuk meraih gelar juara dan menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

• Pengaruh dan Dampak:

Piala AFF memiliki dampak positif terhadap perkembangan sepak bola di kawasan Asia Tenggara. Turnamen ini memberikan kesempatan bagi pemain muda untuk berkompetisi di level internasional dan juga membangun semangat persatuan di antara negara-negara ASEAN.

• Kepopuleran:

Piala AFF menjadi ajang yang dinantikan oleh para penggemar sepak bola di kawasan Asia Tenggara. Pertandingan antara negara-negara anggota ASEAN memicu semangat persaingan dan antusiasme dari masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *