Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Alaku
News

Hujan Deras Yang Terus Melanda Menyebabkan Banjir dan Longsor di Bengkulu Utara!

×

Hujan Deras Yang Terus Melanda Menyebabkan Banjir dan Longsor di Bengkulu Utara!

Sebarkan artikel ini
Bengkulu Utara
Hujan Deras Yang Terus Melanda Menyebabkan Banjir dan Longsor di Bengkulu Utara! - foto BPBD
Alaku

Dampak hujan deras yang melanda Kabupaten Bengkulu Utara cukup parah, terutama pada dua desa yang mengalami banjir dan ruas jalan penghubung desa yang tertimbun longsor, menyebabkan jalan tersebut terputus.

Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi mengguyur Kabupaten Bengkulu Utara selama 2 hari berturut-turut mengakibatkan longsor yang menutup akses jalan di Desa Lubuk Gading dan di Desa Tebat Pacur. Sementara banjir melanda desa Tanjung Agung, Tanjung Putus dan Alun Dua,” terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, Ujang Eka, Rabu (5/7/2023). Yang langsir melalui detikSumbagsel.

Alaku

Menurut Ujang, banjir terjadi karena hujan deras yang terjadi selama dua hari terakhir. Intensitas hujan yang tinggi ini mengakibatkan genangan air dan longsor terjadi.

Menurut Ujang, Kabupaten Bengkulu Utara dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi selama dua hari berturut-turut, yang mengakibatkan terjadinya longsor dan menutup akses jalan di Desa Lubuk Gading dan Desa Tebat Pacur. Selain itu, banjir melanda desa-desa Tanjung Agung, Tanjung Putus, dan Alun Dua.

Pemerintah saat ini masih melakukan pendataan dan inventarisasi kerugian yang dialami oleh warga. Ujang menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada laporan terkait korban jiwa.

Situasi banjir masih berlanjut dan rumah-rumah warga masih terendam air. Hujan pun masih terus mengguyur wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Tim TRCD BPBD Bengkulu telah diterjunkan dengan mengirimkan dua tim ke lokasi bencana. Mereka bekerja sama dengan pihak Desa, Kecamatan, Polres Bengkulu Utara, dan Kodim 0423 Bengkulu Utara untuk melakukan koordinasi dan penanganan bencana.

Ujang menjelaskan bahwa tim TRCD BPBD Bengkulu Utara sedang bekerja keras untuk memberikan bantuan dan pertolongan kepada masyarakat terdampak. Mereka berupaya mengidentifikasi daerah-daerah yang membutuhkan evakuasi dan memberikan bantuan logistik kepada warga yang terisolasi akibat banjir. Selain itu, pihak BPBD juga berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk memberikan dukungan medis dan kebutuhan darurat lainnya.

Ujang menyampaikan bahwa situasi masih terus dipantau dengan cermat. Pihak pemerintah dan tim penanggulangan bencana akan terus memberikan upaya dan bantuan yang diperlukan kepada masyarakat. Selain itu, Ujang juga menghimbau kepada warga di wilayah terdampak untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk serta instruksi dari petugas terkait keselamatan.

Dalam kondisi seperti ini, solidaritas dan gotong royong masyarakat sangat diperlukan untuk membantu mereka yang terkena dampak bencana. Ujang berharap agar bantuan dan dukungan dari berbagai pihak terus mengalir agar masyarakat yang terdampak bisa segera pulih dan mendapatkan kehidupan yang normal kembali.

Tim TRCD BPBD Bengkulu Utara terus berupaya melakukan evakuasi dan pendistribusian bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir. Mereka juga melakukan upaya pemulihan pasca-bencana dengan membersihkan dan memulihkan akses jalan yang tertutup longsor. Selain itu, tim BPBD juga bekerja sama dengan relawan dan organisasi masyarakat setempat untuk memberikan bantuan tambahan dan mendukung proses pemulihan.

Pemerintah daerah dan lembaga terkait terus berkoordinasi untuk mengumpulkan data kerugian dan kebutuhan masyarakat terdampak. Hal ini penting untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan yang sebenarnya. Sementara itu, masyarakat yang terdampak diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi banjir susulan dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pihak berwenang.

Dalam situasi ini, solidaritas dan dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan. Bantuan dalam bentuk logistik, pangan, obat-obatan, serta dukungan moral dan emosional menjadi sangat berarti bagi masyarakat yang sedang menghadapi kesulitan. Semoga proses pemulihan dan penanganan bencana ini berjalan dengan lancar, dan masyarakat dapat segera pulih dan kembali menjalani kehidupan normal.

Alaku
Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *