Alaku
Alaku
News

Hati-Hati! Minuman Teh Kocok Banjir SKM Membahayakan?

×

Hati-Hati! Minuman Teh Kocok Banjir SKM Membahayakan?

Sebarkan artikel ini
Minuman Teh Kocok
Hati-Hati! Minuman Teh Kocok Banjir SKM Membahayakan? -foto ilustrasi

Minuman teh kocok yang ‘banjir’ dengan kental manis sedang menjadi viral di media sosial. Video mengenai minuman ini menunjukkan teh yang disajikan dengan tambahan telur, kental manis, dan susu bubuk. Namun, kepopuleran minuman ini juga menimbulkan kekhawatiran terkait kandungan gula yang tinggi. Banyak warganet yang mengaitkannya dengan risiko diabetes di masa depan.

Dr. Aru Ariadno, seorang spesialis penyakit dalam, mengungkapkan bahwa minuman viral yang ‘banjir’ dengan SKM memiliki kalori yang tinggi. Semakin tinggi kalori yang dikonsumsi, maka kadar gula darah dalam tubuh juga akan meningkat. Hal ini dapat berdampak buruk terutama bagi orang yang menderita diabetes, karena akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

“Jadi kalau minuman viral itu pasti kalorinya tinggi, pasti gulanya tinggi. Pada orang dengan diabetes, itu pasti akan menaikkan gula darah,” ujarnya dalam detikcom, Rabu (28/6/2023).
Konsumsi gula berlebihan juga dapat menyebabkan resistensi insulin, di mana tubuh tidak mampu mengubah gula menjadi energi dengan baik. Hal ini dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes melitus.

Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan batas konsumsi gula per hari sebesar 10% dari total energi yang dikonsumsi. Artinya, untuk dewasa, konsumsi gula seharusnya tidak melebihi 4 sendok makan atau sekitar 50 gram per hari.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang minuman teh kocok yang viral ini, efeknya terhadap kesehatan, dan pentingnya menjaga konsumsi gula yang seimbang. Kami juga akan memberikan tips tentang cara menikmati minuman yang lezat tetapi tetap menjaga kesehatan. Simak terus artikel ini untuk informasi lebih lanjut.

Efeknya terhadap Kesehatan dan Pentingnya Menjaga Konsumsi Gula yang Seimbang

Minuman teh kocok yang ‘banjir’ dengan kental manis memang menggoda selera dengan kelezatannya. Namun, kita perlu memahami efeknya terhadap kesehatan dan pentingnya menjaga konsumsi gula yang seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Gula merupakan salah satu sumber energi penting bagi tubuh, tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah risiko obesitas dan diabetes melitus. Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah dan mengganggu kerja insulin, hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah.

Minuman seperti teh kocok dengan kental manis yang tinggi gula dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat setelah dikonsumsi. Hal ini bisa memberikan rasa kenyang yang sementara, tetapi diikuti dengan penurunan energi yang drastis dan kembali merasa lapar. Selain itu, konsumsi gula berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan gigi, meningkatkan risiko penyakit jantung, dan mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga konsumsi gula yang seimbang. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kita menikmati minuman yang lezat tetapi tetap menjaga kesehatan:

1. Pilihlah sumber gula yang lebih alami
Mengurangi konsumsi gula bukan berarti menghilangkan rasa manis sepenuhnya. Anda dapat memilih sumber gula yang lebih alami, seperti buah-buahan segar atau madu, sebagai pengganti gula tambahan.

2. Kurangi atau hindari minuman manis
Minuman seperti minuman bersoda, minuman energi, atau minuman ringan mengandung banyak gula tambahan. Coba kurangi konsumsinya atau gantilah dengan pilihan minuman yang lebih sehat, seperti air mineral, teh herbal, atau infused water.

3. Perhatikan label pada kemasan
Ketika membeli produk makanan atau minuman, perhatikan label pada kemasannya. Bacalah informasi gizi dan periksa kadar gula yang terkandung dalam produk tersebut. Pilihlah yang memiliki kandungan gula yang lebih rendah.

4. Lakukan pengendalian porsi
Mengontrol porsi konsumsi gula juga penting. Anda tidak perlu menghilangkan sepenuhnya, tetapi berusaha untuk mengurangi jumlahnya secara bertahap. Misalnya, jika Anda biasanya menggunakan 2 sendok teh gula dalam teh atau kopi, cobalah mengurangi menjadi setengah sendok teh terlebih dahulu.

5. Menikmati minuman dengan bijak
Jika Anda ingin menikmati minuman teh kocok dengan kental manis atau minuman manis lainnya, lakukanlah dengan bijak dan dalam jumlah yang wajar. Pertimbangkan untuk membagi minuman dengan teman atau mengonsumsinya hanya sesekali sebagai makanan pengecualian.

Ingatlah bahwa kunci utama adalah menjaga keseimbangan dan variasi dalam pola makan. Jangan hanya fokus pada minuman manis, tetapi pastikan juga mengonsumsi makanan sehat dan bergizi lainnya. Berbicaralah dengan ahli gizi atau dokter jika Anda memiliki kekhawatiran khusus terkait konsumsi gula Anda.

Dengan menjaga konsumsi gula yang seimbang dan mengambil keputusan yang bijak dalam memilih minuman, kita dapat menikmati hidangan yang lezat sambil tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda dalam menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *