Alaku
Alaku
News

Elektabilitas Partai Politik Hasil Survey LSN

×

Elektabilitas Partai Politik Hasil Survey LSN

Sebarkan artikel ini
Elektabilitas Partai Politik
Elektabilitas Partai Politik Hasil Survey LSN

Menurut Lembaga Survei Nasional (LSN), hasil survei terkait elektabilitas partai politik (parpol) untuk Pilpres 2024 menunjukkan bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki elektabilitas sebesar 19,2%, yang menjadikannya sebagai partai dengan elektabilitas tertinggi. Diikuti oleh Partai Gerindra dengan elektabilitas sebesar 17,1%.

Survei ini dilaksanakan pada rentang waktu 10 hingga 19 Juli 2023, dengan wilayah cakupan mencakup 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi yang menjadi objek survei adalah seluruh Warga Negara Indonesia yang telah mencapai usia minimal 17 tahun dan memiliki e-KTP.

Data dari survei ini memberikan gambaran mengenai tingkat dukungan masyarakat terhadap parpol dalam persiapan Pilpres 2024. Informasi ini dapat menjadi acuan bagi partai politik dalam merumuskan strategi dan program kampanye guna meraih dukungan lebih banyak dari masyarakat pada pemilihan mendatang.

Survei ini melibatkan sebanyak 1420 responden sebagai sampel, yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak berjenjang (multistage random sampling). Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka, di mana para responden diarahkan untuk menjawab kuesioner yang telah disiapkan.

Dalam upaya memastikan keakuratan dan reliabilitas hasil survei, ambang kesalahan (margin of error) yang ditetapkan sebesar +/- 2,6% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%. Artinya, hasil survei dapat bervariasi hingga 2,6% dari angka sebenarnya dengan tingkat kepercayaan 95%.

Penting juga untuk dicatat bahwa validasi data yang diperoleh melalui survei ini mengacu pada data kependudukan yang telah dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dengan demikian, survei ini mengupayakan tingkat akurasi dan kualitas data yang tinggi untuk menghasilkan informasi yang lebih representatif dan terpercaya mengenai elektabilitas parpol dalam konteks Pilpres 2024.

Para responden dalam survei ini diberikan pertanyaan spesifik, yaitu “seandainya Pemilu 2024 dilaksanakan saat ini, partai politik mana yang akan Anda pilih dari 18 partai berikut ini?”.

Hasil survei tersebut menunjukkan preferensi pemilih terhadap partai politik dengan persentase sebagai berikut:

– PDI Perjuangan: 19,2%

– Partai Gerindra: 17,1%

– Partai Demokrat: 10,1%

– Partai NasDem: 9,8%

– Partai Golkar: 9,6%

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *