Alaku
Alaku
News

Elektabilitas Capres Hasil Survei LSN

×

Elektabilitas Capres Hasil Survei LSN

Sebarkan artikel ini
Elektabilitas Capres
Elektabilitas Capres Hasil Survei LSN

Lembaga Survei Nasional (LSN) telah merilis hasil survei terbaru mengenai elektabilitas Capres (calon presiden) untuk Pilpres 2024. Dalam survei ini, Prabowo Subianto menunjukkan elektabilitas tertinggi di antara calon presiden lainnya.

Survei ini dilaksanakan dalam periode 10 hingga 19 Juli 2023, meliputi wilayah 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi yang menjadi subjek survei adalah seluruh Warga Negara Indonesia yang telah mencapai usia minimal 17 tahun dan memiliki e-KTP.

Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 1420 responden melalui teknik pengambilan sampel secara acak berjenjang (multistage random sampling). Dalam metode ini, sampel dipilih secara acak dari beberapa tahap seleksi yang dilakukan, sehingga diharapkan dapat mencerminkan populasi secara lebih akurat.

Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka, di mana para responden diarahkan untuk menjawab kuesioner yang telah disiapkan oleh tim survei.

Hasil dari survei ini memberikan gambaran tentang tingkat dukungan dan preferensi pemilih terhadap calon presiden dalam persiapan Pilpres 2024. Data ini dapat menjadi acuan bagi calon presiden dan partai politik dalam menyusun strategi kampanye untuk meraih dukungan lebih banyak dari masyarakat dalam pemilihan mendatang.

Ambang kesalahan (margin of error) yang ditetapkan dalam survei ini adalah sebesar +/- 2,6% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%. Artinya, hasil survei dapat memiliki selisih hingga 2,6% dari angka yang sebenarnya dengan tingkat kepercayaan 95%.

Proses validasi data dalam survei ini mengacu pada data kependudukan yang telah dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa data yang diperoleh dalam survei sesuai dengan data resmi dan akurat mengenai jumlah penduduk di Indonesia.

LSN menyusun survei ini dalam beberapa format, salah satunya adalah format pertanyaan terbuka. Dalam format ini, responden diberikan kebebasan untuk menyebutkan nama calon presiden yang ingin mereka pilih. Dalam hasil survei dengan format pertanyaan terbuka tersebut, Prabowo Subianto menduduki posisi paling atas, menunjukkan tingkat dukungan yang tinggi dari responden terhadapnya.bd268

Perlu diingat bahwa hasil survei merupakan representasi dari preferensi pemilih pada saat survei dilakukan dan dapat berubah seiring dengan perubahan dinamika politik dan isu-isu terkini yang muncul menjelang Pilpres 2024. Oleh karena itu, survei merupakan alat bantu penting bagi calon presiden dan partai politik untuk memahami pandangan masyarakat dan merancang strategi kampanye yang efektif.

“Prabowo Subianto selalu leading atas Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan. Ketika LSN mengajukan pertanyaan secara terbuka (top of mind) siapakah yang akan dipilih jika saat ini dilaksanakan Pilpres, sebanyak 28,5% secara spontan menyebut nama Prabowo. Sementara yang menyebut nama Ganjar sebanyak 17,6% dan Anies hanya 13,4%,” ujar Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry dalam rilis survei LSN, Rabu (26/7/2023).

Dalam survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Nasional (LSN), terdapat format pertanyaan tertutup di mana responden diminta untuk memilih calon presiden dari beberapa nama yang telah ditentukan. Dalam format pertanyaan tertutup ini, Prabowo Subianto tetap kokoh berada di puncak dengan elektabilitas mencapai 33,8%. Angka tersebut menunjukkan tingkat dukungan yang cukup tinggi dari responden terhadap Prabowo sebagai calon presiden.

Di posisi kedua, terdapat Ganjar Pranowo dengan persentase elektabilitas sebesar 20,2%. Sedangkan Anies Baswedan menjadi pilihan dari 16,4% responden dalam survei tersebut.

Dalam simulasi tiga nama, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, posisi Prabowo tetap berada di atas dengan elektabilitas 33,8%, menegaskan posisinya sebagai calon presiden dengan dukungan tertinggi dalam survei tersebut.

“Begitu pula saat LSN membuat simulasi Pilpres hanya diikuti tiga kandidat saja, Prabowo semakin menguat dengan elektabilitas 40,5%. Sementara Ganjar hanya didukung oleh 30,8% responden dan Anies menjadi pilihan 22,4% responden,” ujarnya.

Gema Nusantara Bakry menyatakan posisi Prabowo makin kuat  lantaran dukungan dari Presiden Jokowi. Jokowi disebut total mendukung Prabowo.

“Salah satu faktor penyebab mengapa trend elektabilitas Prabowo Subianto semakin menguat sementara Ganjar Pranowo cenderung melemah adalah faktor endorsement Presiden Jokowi. Berdasarkan observasi LSN, Presiden Jokowi yang beberapa waktu lalu disebut-sebut berdiri dengan dua kaki, namun kini kedua kaki Jokowi nampaknya cenderung total mendukung Prabowo,” ujarnya.

 

Berikut ini daftar hasil survei elektabilitas Capres 2024 yang dilakukan oleh LSN.

 

Pertanyaan Terbuka:

Prabowo Subianto: 28,5%

Ganjar Pranowo: 17,6%

Anies Baswedan: 13,4%

 

Tingkat Elektabilitas Capres (Simulasi 3 Nama):

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *