Alaku
Alaku
News

Catat! Ini Amalan yang Didoakan Malaikat

×

Catat! Ini Amalan yang Didoakan Malaikat

Sebarkan artikel ini
Catat! Ini Amalan yang Didoakan Malaikat
Catat! Ini Amalan yang Didoakan Malaikat -foto dok bincang syariah

Banyak amalan yang apabila dikerjakan maka akan didoakan oleh malaikat. Kita sebagai umat muslim harus tahu agar setiap amalan yang dikerjakan bernilai pahala dan mendapat doa dari malaikat.
Malaikat adalah makhluk yang diciptakan Allah SWT dari cahaya dan ia tidak memiliki dosa dan salah sama sekali. Karena itu sebab doanya para malaikat termasuk mustajab.

Seorang muslim wajib beriman kepada malaikat, seperti Firman Allah SWT yang tertera dalam Al-Qur’an surat An Nisa’ ayat 136,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا ١٣٦

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah, Rasul-Nya (Nabi Muhammad), Kitab (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, dan kitab yang Dia turunkan sebelumnya. Siapa yang kufur kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, dan hari Akhir sungguh dia telah tersesat sangat jauh.”

Amalan yang Didoakan Malaikat

• Salah satu hadis yang berkaitan dengan tidur dalam keadaan suci adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah (RA) dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim. Hadis ini mengajarkan tentang pentingnya membersihkan diri sebelum tidur

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu hendak tidur, hendaklah dia membersihkan tempat tidurnya dengan memukulnya dengan kain atau pakaian yang ia pakai sebelum tidur dan hendaklah dia menghembuskan napasnya ke dalam genggaman tangannya tiga kali sambil mengucapkan, ‘Aku berlindung kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain-Nya. Tidak ada yang dapat mendatangkan malapetaka kepada diriku selain-Nya.’”

Ini menunjukkan bahwa Rasulullah menekankan pentingnya membersihkan tempat tidur sebelum tidur dan berlindung kepada Allah dari segala malapetaka. Hal ini juga mengajarkan tindakan kebersihan dan perlindungan spiritual sebelum tidur.

• Tidak meninggalkan tempat sholat setelah sholat adalah praktik yang dianjurkan dalam agama Islam. Ini mengacu pada pentingnya tetap tinggal di tempat sholat setelah menunaikan sholat wajib, seperti Shubuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Hal ini memberikan kesempatan untuk berdzikir, berdoa, membaca Al-Qur’an, dan bermeditasi dengan tenang, meningkatkan ikatan dengan Allah. Ini juga mengajarkan kesabaran dan refleksi setelah berkomunikasi langsung dengan Tuhan dalam sholat.

• Menjenguk sesama muslim yang sakit adalah salah satu tindakan mulia dalam agama Islam. Hal ini didukung oleh ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW dan dianggap sebagai amal kebaikan yang mendatangkan pahala. Ketika Anda menjenguk orang yang sakit, Anda tidak hanya memberikan dukungan emosional, tetapi juga berbagi kasih sayang, mendoakan kesembuhan, dan menguatkan tali persaudaraan.

“Tiada seorang muslim yang menjenguk seorang muslim pada waktu pagi melainkan dia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga sore hari. Dan ia menjenguk pada sore hari maka ia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga pagi harinya. Dan akan mendapatkan jaminan buah-buahan yang siap di petik di dalam surga.” (HR. Tirmidzi)

Dalam menjenguk orang sakit, penting untuk melakukannya dengan penuh perhatian, membawa semangat positif, dan menghormati privasi dan kebutuhan mereka. Ini adalah tindakan yang membantu membangun ikatan sosial dan spiritual dalam komunitas Muslim serta menunjukkan rasa empati terhadap mereka yang sedang mengalami kesulitan.

Ada tiga amalan yang sering kali disebut dalam hadis yang akan mendatangkan doa dari malaikat

1. Membaca Al-Qur’an:
Rasulullah SAW bersabda bahwa malaikat akan mendatangi orang yang membaca Al-Qur’an dengan penuh khushu’ (khusyuk) dan menghiasi suaranya dengan indah. Mereka akan mengelilingi orang tersebut saat membaca Al-Qur’an, dan doa malaikat akan ditujukan untuk keberkahan, keselamatan, dan ampunan.

2. Menghadiri Majelis Ilmu:
Ketika seorang muslim berkumpul untuk belajar atau mengajar ilmu agama, malaikat juga hadir dalam majelis tersebut. Mereka mendoakan orang-orang yang hadir dengan rahmat dan ampunan. Hadis mengatakan bahwa bahkan sejumput debu yang ada di bawah kaki peserta majelis ilmu akan menjadi saksi untuk mereka di Hari Kiamat.

3. Mendekatkan Dua Orang yang Berdamai:
Apabila dua orang yang telah bertengkar atau berselisih berdamai satu sama lain, malaikat akan datang ke mereka dengan doa dan permohonan ampunan. Rasulullah SAW bersabda bahwa ketika dua orang yang berseteru saling berjabat tangan untuk berdamai, dosa-dosa mereka akan dihapuskan.

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *