Alaku
Alaku
News

6 Makanan Termahal di Dunia yang Menggoyang Lidah dan Dompet

×

6 Makanan Termahal di Dunia yang Menggoyang Lidah dan Dompet

Sebarkan artikel ini
Makanan Termahal
6 Makanan Termahal di Dunia yang Menggoyang Lidah dan Dompet - foto kopi luwak

Kelezatan dan kenikmatan makanan tidak selalu datang dengan harga yang terjangkau. Di dunia ini terdapat beberapa makanan yang begitu istimewa dan langka sehingga memiliki harga yang sangat mahal. Meskipun harganya mencengangkan, tetapi makanan-makanan ini menjadi daya tarik bagi pecinta kuliner yang mencari pengalaman gastronomi yang tak terlupakan. Dalam artikel ini, kita akan mengungkap enam makanan termahal di dunia lengkap dengan harganya yang fantastis.

  1. Truffle Hitam:

Truffle hitam adalah salah satu jenis jamur langka yang tumbuh di tanah. Makanan ini terkenal karena aroma yang kuat dan rasa lezatnya. Truffle hitam banyak digunakan dalam hidangan gourmet seperti pasta, saus, dan minyak truffle. Harga truffle hitam sangat bervariasi tergantung pada musim dan ukurannya, namun harganya bisa mencapai $3.000 per pound (sekitar Rp 43 juta).

  1. Saffron:

Saffron, atau yang dikenal juga dengan sebutan “emas merah,” merupakan rempah langka yang diambil dari bunga Crocus sativus. Saffron digunakan sebagai bumbu dalam berbagai hidangan, termasuk makanan penutup dan minuman. Karena proses pengambilannya yang membutuhkan waktu dan tenaga, serta kuantitasnya yang terbatas, saffron menjadi salah satu rempah termahal di dunia. Harganya bisa mencapai sekitar $5.000 per pound (sekitar Rp 72 juta).

  1. Kobe Beef:

Kobe beef adalah jenis daging sapi Jepang yang terkenal dengan kelembutan, marbling (lemak merata di dalam daging), dan rasa yang kaya. Daging ini berasal dari sapi ras Tajima yang dipelihara secara khusus dengan makanan yang terkontrol dan pemijatan yang dilakukan secara teratur. Harganya sangat mahal karena proses pemeliharaan yang rumit dan rendahnya jumlah produksi. Satu kilogram Kobe beef dapat mencapai harga $200 hingga $600 (sekitar Rp 2,9 juta hingga 8,7 juta).

  1. Jamón Ibérico:

Jamón Ibérico adalah jenis ham yang berasal dari babi Iberia yang dipelihara di Spanyol. Babi-babi ini diberi makan dengan bebas di padang rumput dan diberi makanan khusus seperti biji-bijian dan akorn. Dagingnya punya rasa yang unik dan lezat. Harganya sangat tinggi karena waktu yang lama untuk pemeliharaan babi dan proses pengawetan dagingnya yang memakan waktu berbulan-bulan. Harga Jamón Ibérico berkisar antara $300 hingga $4.500 per ham (sekitar Rp 4,3 juta hingga 65 juta).

  1. Beluga Caviar:

Beluga caviar adalah telur ikan beluga, jenis ikan sturgeon yang langka dan hidup di Laut Kaspia  Caviar dianggap sebagai salah satu makanan mewah tertua di dunia. Rasanya yang lezat, teksturnya yang lembut, dan warna hitamnya yang mengkilap membuatnya menjadi hidangan istimewa. Harga beluga caviar sangat bervariasi, tetapi sering kali mencapai $5.000 hingga $10.000 per kilogram (sekitar Rp 72 juta hingga 145 juta).

  1. Kopi Luwak:

Kopi Luwak berasal dari biji kopi yang sudah dicerna oleh musang luwak, hewan kecil yang hidup di Indonesia. Proses pencernaan musang luwak mengubah cita rasa biji kopi sehingga menghasilkan kopi dengan rasa yang unik dan lembut. Keterbatasan produksi dan proses pengumpulan biji kopi yang harus dilakukan secara manual membuat Kopi Luwak menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Harganya bisa mencapai $100 hingga $600 per pound (sekitar Rp 1,4 juta hingga 8,7 juta).

Keenam makanan tersebut menawarkan pengalaman kuliner yang luar biasa, tetapi juga membutuhkan pengorbanan finansial yang signifikan. Harganya yang fantastis mencerminkan keunikannya, ketersediaan yang terbatas, dan proses produksi yang rumit. Bagi para pecinta kuliner dan penggemar makanan mewah, mencicipi makanan-makanan termahal di dunia ini adalah petualangan tak terlupakan yang akan menggoyang lidah sekaligus dompet.

Alaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *